SYM & SM SPORT : Kenalkan Tiga Varian Baru, Skutik Jet14, Cruiser V16 dan SM Classic Cub

Konsumen pemakai kendaraan roda dua (KR2) semakin punya banyak pilihan. Jika selama ini, produk asal negeri matahari terbit ataupun Eropa cukup banyak yang beredar di pasaran, satu lagi brand yang mulai intens mengenalkan produk mereka adalah Sym Motor dan SM Sport.



Dua brand yang berasal dari satu induk di Taiwan ini menggeber beberapa produk andalan di ranah motor skuter otomatis, varian chopper atau cruiser hingga bebek atau cub. 

 

TONY GOZALI. Kenalkan produk berkualitas dari SYM dan SM Sport.

 

"Khusus produk skutik, kita kenalkan varian Jet4 yang merupakan produk dari Sym Motor. Sedangkan untuk varian sport cruiser, kita kenalkan SM Sport tipe V16. Sementara, satu lagi produk baru untuk cub adalah SM Classic yang bentuknya unik dan klasik, tetapi tetap modern," buka Tony Gozali dari MForce.Indonesia Surabaya, official Sym dan SM Sport Indonesia, di sela-sela pameran Jatim Fair 2019 lalu.

 



SYM JET14


Jet14, menjadi salah satu varian skutik Sym dengan basis mesin 1 silinder 4 tak 168,9cc, sudah dilengkapi perangkat injeksi bahan bakar EFI dan cooling fan. Dari mesin yang berspek Euro 4 ini, bisa dihasilkan tenaga 8,8kw @ 8000 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 12,4 Nm di revolusi mesin enam ribu rpm.  Terbilang mumpuni untuk skutik under 200cc, apalagi dengan bobot total yang hanya 134 kg.

 

DASHBOARD AREA. Modern dan mudah dibaca.

 

DISC BRAKE. Perangkat wajib roda depan.

 

Banyak fitur yang disematkan di motor ini, dari part undercarriage yang mumpuni seperti garpu teleskopik, unit swingarm dengan suspensi empuk, hingga penggunaan disc brake depan belakang, ukuran 260mm dan 220mm. Tentu saja, sudah disertakan perangkat ABS.

 

 



SM SPORT V16

 


Diklaim sebagai cruiser di ranah seperempat liter, V16 menggunakan mesin dobel silinder konfigurasi V alias V-twin 4 tak berkapasitas 249,8cc injeksi.  Meskipun masih mengandalkan pendinginan udara, V16 punya tenaga dan torsi yang melimpah untuk diajak melanglangbuana atau pengendaraan jarak jauh. Tenaga yang dihasilkan dari mesin kembarnya, yakni 14 Kw di putaran mesin 8000 RPM, sedangkan torsi yang bisa dikail sekitar 19 Kw @ 6000 rpm.

 

ENGINE. Ditopang mesin silinder kembar.

 

 

RODA-RODA. Bergaya klasik dengan pelek lebar.

 

Secara dimensional, V16 memang terbilang agak besar, namun dipastikan pas untuk postur rata-rata orang Indonesia. Tentu saja, wheelbase yang panjang hingga 1520mm merupakan senjata untuk mendapatkan handling dan stabilitas dalam long range.  Untuk tipe ini, SM Sport sudah membekalinya dengan beberapa item unik, dari lampu proyektor, digital speedometer, pelek cast alloy hingga double muffler.

 

 

 



SM CLASSIC

 


Booming motor bebek retro-modern, sudah dijawab oleh SM Sport lewat produk andalannya ini, yakni SM Classic. Mungkin sekilas, konsep dan desainnya mirip-mirip dengan produk cub retro-modern yang sudah beredar di pasaran, namun SM Sport punya beberapa item dan fitur yang unik.  Paling kentara, suspensi depan yang sudah dilengkapi sok up side down, berikut roda-roda almu beruji lurus, khas banget sebagai retro-modern cub.  Apalagi, semua part undercarriage sudah dikinclongin krom, sehingga kian eye-catching.

 

SPEEDOMETER. Tampilan menarik.

 

 

DESAIN BODY DAN DETAILING. Klasik modern.


Meski masih disokong mesin 1 silinder 110cc carb, SM Classic ini punya body mewah.  Bebek klasik yang dirilis dalam tiga varian matte red, yellow dan matte grey ini, juga sudah dilengkapi lampu depan futuristik, yang didalamnya terdapat LED. Banyak juga fitur lain yang disematkan dari speedo digital, hingga USB socket charger.


 

naskah/foto : punk