PELATIHAN DAN SERTIFIKASI SDM MEKANIK SEPEDA MOTOR SURABAYA 2019 : Up Grade SDM Mekanik Seiring Pesatnya Pertumbuhan Otomotif

 

Pelatihan & sertifikasi SDM mekanik sepeda motor Surabaya 2019. Optimis akan menciptakan standarisasi mekanik yang handal seiring pesatnya dunia otomotif.

 

 

Dalam meningkatkan kebutuhan SDM industri, Kementerian Perindustrian melakukan program pendidikan vokasi berbasis kompetensi dan Diklat Industri berbasis kompetensi yang sangat diperlukan untuk penyiapan tenaga kerja industri yang kompeten, khususnya menghadapai ASEAN Economic Community yang telah diberlakukan pada akhir tahun 2015.

 

 

 

Dengan diberlakukannya ASEAN Economic Community akan terjadi perdagangan bebas di seluruh Negara ASEAN, tidak saja untuk barang/produk tetapi juga perdagangan bebas dari segi jasa, termasuk tenaga kerja, sehingga tenaga kerja Indonesia harus dipersiapkan untuk mampu bersaing dengan tenaga kerja dari Negara-negara ASEAN lainnya.

 

Wakil utusan Kementrian Perindustrian & UPT Industri Logam Perekayasaan Regional Jatim. Saat memberikan bingkisan spesial tools sebagai bekal pengembangan bakat & skill peserta.

 

Terobosan baru hasil kerja sama Kementrian Perindustrian dan jaringan Yamaha Indonesia, yang kali ini diback up oleh Yamaha PT. STSJ sebagai main dealer, terkait pengembangan dunia pendidikan dan strategi berkesinambungan untuk mengakomodir lulusan SMK dan sederajat, berlangsung inspiratif.

 

Juga mendapat dukungan sepenuhnya dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Pemerintah Daerah, SMK dan Lembaga Sertifikasi Profesi - Teknik Otomotif (LSP-TO).

 

Kepala sekolah dan siswa SMK yang sempat menjalin kerjasama dengan Yamaha, atau SMK binaan Yamaha turut diundang, untuk mengikuti program sertifikasi yang diadakan oleh Kemenprin. Pelatihan dan Sertifikasi SDM Mekanik Sepeda Motor berbasis SKKNI dilakukan serentak di Ponorogo dan Surabaya pada tanggal 2 - 6 September 2019 yang diikuti sebanyak 40 peserta dari alumni SMK.

 

Wakil utusan Kementrian Perindustrian, UPT Industri Logam Perekayasaan Regional Jatim & wakil utusan sekolah SMK undangan. Merasa bangga mengikuti program Pelatihan & sertifikasi SDM mekanik sepeda motor Surabaya 2019.

 

Pelatihan dan Sertifikasi SDM Mekanik Sepeda Motor berbasis SKKNI kali ini, digelar di Yamaha Training Center, Surabaya (3/9/2019), murni sebagai upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) Industri dalam wujud sistem 3 in 1 yaitu pelatihan, sertifikasi kompetensi dan penempatan kerja dalam rangka untuk peningkatan kualitas dan daya saing serta kesejahteraan tenaga kerja industri.

 

Siswa lulusan SMK yang dilibatkan kali ini spesial diundang oleh Yamaha, untuk mengikuti pelaksanaan sertifikasi profesi. Rata-rata mereka lulus di 3 tahun belakang, setiap SMK diwakili dua siswa dan peserta yang hadir mendapatkan spcial tools sepaket. Kemungkinan di tahun depan lulusan YES akan dimasukan dalam program ini.

 

Program yang sifatnya mengangkat derajat lulusan siswa SMK, otomatis banyak mendapat apresiasi positif dari wakil sekolah dan kepala sekolah yang hadir di acara ini. Instruktur pelatihan yang terpilih juga dilengkapi kompetensi khusus trainer dan pengalaman praktis di industri mekanik sepeda motor, sehingga dapat memberikan materi komprehensif kepada peserta.

 

Saat pembekalan materi pelatihan & sertifikasi. Langsung disampaikan oleh tim edukasi instruktur Yamaha Training Center.

 

Sedang untuk sertifikasi, Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan LSP-TO (Lembaga Sertifikasi Profesi Teknik Otomotif) yang akan memberikan sertifikat oleh BNSP berdasarkan SKKNI.

 

Hendrik SOS wakil utusan dari Kemenprin menjelaskan, bahwa sertifikasi profesi ini akan dikawal langsung oleh lembaga sertifikasi profesi yang ditunjuk oleh Kemenprin, telah berlangsung sejak 05.

 

Agar terealisasi Standar Kompetisi Kerja Nasional Indonesia, hal itu juga yang menjadi alasan program sertifikasi profesi ini mengajak kerjasama AISI. “Tujuanya jangka panjangnya juga untuk meningkatkan perjalanan global, ”jelas Hendrik.

 

Sasaranya, untuk up grade SDM, menyiapkan tenaga ahli, seiring dengan peningkatan volume motor roda dua. Berdasarkan data dari AISI, kinerja penjualan domestik sepeda motor pada Januari 2019 mengalami pertumbuhan 17,9% yakni mencapai 529.126 unit bila dibandingkan dengan periode sebelumnya yang hanya mencapai 482.357 unit.

 

Maka akan dibutuhkan mekanik dan kewajiban pemerintah untuk mendorong, lewat sertifikasi profesi kali ini. Selain mendapatkan pelatihan dan sertifikasi profesi, juga akan dibantu soal penempatan kerja.

 

Rendi Artini dari UPT Industri Logam Perekayasaan Regional Jatim, ikut menambahkan, bahwa peningkatan jasa otomotif akan menembus di angka 18,6%, dengan pertumbuhan ekonomi di 7,05 %. Dengan meningkatnya penjualan sepeda motor, maka akan terjadi peningkatan kebutuhan akan mekanik.

 

Kami menyadari bahwa kebutuhan mekanik yang berkompetensi baik, bukan hanya tanggung jawab dari sekolah atau perusahaan itu sendiri. “Tapi, merupakan kewajiban dari pemerintah untuk mendorong terciptanya sistem peningkatan tenaga kerja yang dapat berkompetisi dengan tenaga kerja asing, ”tambah Rendi.   pid