BEJIBUN FITUR HONDA ADV150 : Dari Teknologi Engine, Lampu LED Futuristik Hingga Adjustable Windscreen

HONDA ADV150. Banyak fitur fitur berkelas yang disematkan.

 

 

Dari tampilan luar, Honda ADV150 memang sangat kokoh, kekar sekaligus garang. Pas banget dengan karakter seorang lelaki penjelajah. Tidak hanya itu, ADV150 bisa juga dibilang sebagai skutik cross-road, karena punya kaki-kaki yang mumpuni untuk digeber di jalan mulus ataupun off road. Apa saja fitur-fitur lain yang ditanam di skutik brojolan PT Astra Honda Motor ini? 

 





Profil tinggi, itu perawakan yang terlihat dari ADV150 mengingat ground clearance skutik ini setinggi 165, sehingga membuat terlihat gagah dan mudah melintasi jalanan di berbagai kondisi. Suspensinya pun kokoh, dipadu wavy disc brake 240mm di sisi depan dan 220 mm di belakang, memberi kestabilan dalam melakukan pengereman serta tampil semakin sporti dan terdepan di kelasnya.

 




Rear end, dijejalkan twin subtank rear suspension sehingga memberikan kenyamanan dan kestabilan yang optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan. Penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose ukuran 110/80 — 14 (depan) dan 130/70 — 13 (belakang) semakin memberi kesan gagah dan tampil beda.

 

 




Dari luar, ADV150 juga eye-catching dengan penggunaan teknologi tata cahaya full LED sehingga terlihat futuristik.  Headlampnya sudah LED dan dilengkapi sistem Daytime Running Light (DRL) yang modern. Sedangkan lampu belakang dan sign lampnya pun sudah LED, pas dengan desain spatbor ala moge. Lampu skutik ini pun dapat berubah menjadi hazzard saat mengerem mendadak, karena dilengkapi fitur ESS (Emergency Stop Signal) pada tipe ABS.

 



Didukung engine150cc, berpendingin cairan, eSP dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI, ADV150 diklaim irit.  Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40 EURO 3, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 46,6 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hingga 373 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. 

 

Selain itu, enginenya sendiri sudah dijejali fitur ACG starter sehingga mesin halus saat distarter. ISS (Idling Stop System) khas Honda juga sudah dipasang, membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

 



Nah, untuk kemudahan berkendara, sistem full digital panel meter di dashboard diberi layar besar, sehingga terkesan luas dan tangguh. Dan pastinya, dapat menampilkan berbagai informasi antara lain indikator aki, indikator suhu luar (yang pertama di kelasnya), konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, tanggal, Trip A & Trip B.

 

 




Tak hanya itu, ADV150 dibekali fitur-fitur penunjang lain, seperti Two Step Adjustable Windscreen yang disematkan pertama kalinya di skutik kelas 150cc. Fitur yang biasa dipakai di moge, yang mana bisa disetel tingkat ketinggiannya dengan mudah. Di balik jok yang ekstra lebar, juga terdapat bagasi 28 liter yang mampu memuat dan menyimpan barang.

 

 

Bahkan, terdapat power charger pada console box depan.  Di sektor safety, banyak fitur keselamatan yang ditanamkan, terutama Honda Smart Key dan alarm system. Pastinya, tetap dipanteng  fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan 3 kaliper, sehingga semakin membuat pengendaranya merasa aman dan nyaman.

 

 

 

 

naskah/foto : punk/don