EKO HONDA ARIES PUTRA, NGANJUK – UNBOXING HONDA CRF 450R & KENALKAN CRF 450RX: BIDIK SEGMEN PREMIUM & MANJAKAN PENGHOBI NAIK LEVEL

 

 

Eko Budi Sentosa owner diler Honda Aries Putra, di Jl. Gatot Subroto 08, Nganjuk (depan terminal baru Nganjuk), kembali bikin gebrakan, sehubungan menanggapi membludaknya komunitas adventure roda dua di tanah air. Pria yang lama dikenal sebagai loyalis Honda di Jatim sejak tahun 2000 itu, memandang krusial menjaga dinamika adventure yang lagi berkembang. Sebab, secara tak langsung akan kembali berdampak pada peningkatan market share line up Honda di segmen ini.

 

 

Pastinya, wajib ada activity dan inovasi, dengan tarjet kembali menggairahkan dan merangsang segmen penghobi adventure, tiada hentinya. Sipnya, urusan satu ini Eko jagonya. Sebab, ketika Eko meninjau karakter dan idealisme rider adventure, identik berevolusi dengan kuda besi. Termasuk, pemilihan medan dan tingkat kesulitan yang akan dihajar. Hal demikian wajar, ketika terpacu ingin naik level.

 

 

Pandangan obyektif dan penuh perhatian ini pula, berusaha diterjemahkan Eko dengan menghadirkan CRF 450R yang dikemas dalam special event unboxing CRF 450R dan memperkenalkan CRF 450RX lebih dekat, di rana sesama penghobinya. Itu juga atas refleksi pribadinya, yang ingin tampil sempurna dan exclusive saat laga adventure.

 

Sipnya, didatangkannya CRF 450R dan CRF 450RX juga dimanfaatkan untuk menunjukkan dan meyakinkan adventure mania, agar bisa melihat langsung turunan DNA Honda CRF 150L, yang belakangan ini menjadi idola rider adventure.

 

Jadi, kalau selama ini CRF 150L disebut-sebut memiliki DNA dari CRF 450R dan adventure mania tak pernah melihat langsung sosoknya. Tapi, sekarang adventure mania, bisa langsung mampir di diler Honda Aries Putra, Jl. Gatot Subroto 08, Nganjuk (depan terminal baru Nganjuk) atau call langsung di (0822 - 307 - 38 - 118), kalau pingin konsultasi topik kuda besi dengan roh sport trail atau special engine penunjang hobi. Bahkan Eko juga siap melayani up grade luar dalam CRF 150L, yang lagi jadi incaran penghobi. 

 

Memang rasional ketika CRF 450R (2019) yang memiliki roh racing dan CRF 450RX (2018) bertipikal segmen enduro racing, ditawarkan sebagai pamungkas rider mania adventure. Sebab, keduanya telah mengalami perubahan spesifikasi dan tekhnologi untuk pencapaian best performa.

 

 

Bahkan, varian CRF 450RX dinilai Eko juga kompartible ketika dipilih sebagai basis supermoto. Pasalnya, kuda besi yang dibandrol Rp. 185 juta itu, telah mengalami penyempurnaan geometri dengan output traksi lebih baik. Demikian pula dari sisi durabilitynya, ketika memakai pembanding segmentasi enduro racing yang lebih berat dibanding supermoto yang ringan. Jadi, dipilih lebih selektif oleh pria yang juga ketua Asosiasi Supermoto Indonesia itu.

 

Pastinya energy positif dengan dipakainya CRF 450RX, sukses menjadikan Eko sebagai influencer. Apalagi, belakangan ini prestasi Eko makin bersinar di kejuaraan Supermoto. Lantas, apa saja kelebihan CRF 450R yang baru saja unboxing dan CRF 450RX yang setia mengawalnya di laga supermoto, berikut hasil investigasinya.   pid

 

 

 

 

 

 

 

Honda CRF 450R" 2019

Super Gahar

 

Generasi ketiga kali ini, diklaim memiliki power yang gahar, hingga oleh pabrikan dilengkapi HRC launch control. Menawarkan sensasi konversi power ke speed lebih responsive, tersaji pada rentang throttle off hingga bukaan throttle seperempat. Kombinasi intake downdraft, system ignition terbaru dan tipikal gigi rasio yang rapat, mutlak menjadi inputnya.

 

Desain silinder cop baru, dengan perubahan lubang buang, hingga mencapai peningkatan efisiensi gas buang dan sukses memberi kontribusi power pada peningkatan daya di seluruh rentang RPM.

 

Sistem pelumasan dikawal scavenge - pump terbaru,  tingkat gesekan komponen mesin optimal diminimalisir. Bahkan jet oil piston menggunakan lima lubang nozzle untuk meningkatkan efisiensi pendinginan.

 

 

Bahkan pada knalpot, diameter pipa-nya lebih besar dan desain leher knalpot berbeda dari versi sebelumnya. Sehingga, dimensi knalpot terhitung dari lubang exhaust ke ujung silencer bertambah panjang 98 mm di sisi kanan kanan dan sisi kiri 187 mm. Praktis, pada system pengereman juga mengalami rubahan output hidrolis, sebagai penyesuaian.

 

Canggihnya, CRF 450R versi 2019 dilengkapi HRC launch control, untuk mendapatkan best performa penunjang rider. Terbagi 3 pilihan, level 1 - 9.500 RPM, kondisi kering konsumsi rider pro, level 2 - 8.500 RPM, masih trek kering untuk rider junior dan level 3 - 8.250 RPM, spesial trek berlumpur untuk novice.

 

 

Pengoperasiannya juga mudah, tarik kopling dan tekan tombol Start (kanan), LED akan berkedip sekali untuk pemilihan Level 1. Tekan tombol Start lagi, selama 0,5 detik atau lebih, dan LED akan berkedip dua kali untuk Level 2, masih dengan cara yang sama untuk mengaktifkan hingga Level 3.

 

Kompartemen rangka dan suspensi, menghasilkan pitching dan penyerapan bumpy lebih baik. Perangkat suspensi mengusung Showa 49 mm, dengan rubahan bagian dalemannya, terkait penyempurnaan efek rebound yang lebih baik. Demikian pula bahan piston atau plunger daleman sok, dirancang dengan nilai gesekan lebih rendah.

 

Perbedaan tipikal up side down itu, juga merujuk pada perubahan posisi lubang inner tube berbanding as komstir pada triple clamp. Guna mengimbangi rubahan rangka yang hyper sensitive. Dengan begitu lengan ayun, linkage dan monosok turut mengalami re-design.

 

 

Selebihnya, desain footpeg baru, setang kemudi jenis fatbar dari Renthal warna hitam, berikut pemakaian velg warna hitam, sebagai cirri khas performanya yang kian bengis.

 

Spesifikasi CRF 450R “2019

Tipe 449.7cc liquid-cooled satu silinder 4 tak

Silinder cop Unicam OHC empat katup

Bore x Stroke 96.0 mm x 62.1 mm

Rasio Kompresi 13.5 : 1

Sistem injeksi bahan bakar terprogram Induksi (PGM-FI) ; 46 mm throttle bore

Pengapian Transistor

Starter elektrik

Transmisi Constant-mesh 5-speed return

Kopling Multiplate basah

Final Drive # 520; 13T / 49T

Up side down 49 mm Showa

Lengan ayun sistem monosok pro-link

Rem depan caliper 2 piston disc 260 mm

Rem belakang caliper 1 piston disc 240 mm

Ban Dunlop Geomax MX3S 80 / 100-21 w & MX3S 120 / 80-19 w

Kapasitas Bahan Bakar 1,66 gal

Berat  247 lbs

 

 

 

 

 

 

 

HONDA CRF 450RX" 2018

Friendly & Handling Sempurna

 

Diluncurkan dengan mencomot beberapa fitur dari CRF 450X dan CRF 450R. Perpaduan ini spesial diproyeksikan sebagai kebutuhan enduro. Konteks demikian ini, sukses menciptakan platform sempurna sebuah mesin enduro, untuk menghajar jalur flat - out dengan mudah.

 

Maping pengapian PGM-Fi CRF 450RX menghasilkan tenaga yang lebih lembut, dengan perolehan traksi  lebib baik. Dilengkapi mode mesin 3 pilihan, smooth, medium dan mode 1 power smooth, mode 2 menawarkan sensasi bukaan throttle responsive dan mode 3 paling agresif.

 

Rasio kompresi diplot di angka 13,5: 1, mengawal bore dan stroke 96 mm x 62.1 mm. Silinder cop Unicam empat katup, dibekali lift katup masuk 10 mm dan lift katup buang 8,8 mm, berdiameter 38 mm (in). Sudut katup jadi relatif lebih tegak,  9 derajat (in) dan 10,5 derajat (ex). Inovatifnya, pegas katup berpenampang oval, memungkinkan pemakaian tinggi pegas lebih pendek, untuk mendapatkan dimensi silinder cop lebih kompak.

 

 

Sistem pelumasan piston diback up jet oli 4 lubang, sekaligus sebagai upaya mereduksi panas dari tingginya perbandingan kompresi. Sehingga, komposisi 7 lapis kampas kopling dan 6 lapis pelat kopling, lebih tahan. Di sektor ini, pabrikan Honda membekali judder clutch, hentakan saat berakselerasi optimal direduksi. Infonya, perbandingan kelima gigi rasio sama dengan CRF 450R, dibedakan final gear yang memakai 13-50.

 

Kontrol pengendara dilayani EFI indikator, tombol mode EMSB, indikator LED dan tombol stop / start engine. EMSB Honda spesial diperuntukan untuk adaptasi perubahan power mesin, untuk kebutuhan variabel trek.

 

 

Mode 1 maping dasar dan memberikan linearitas paling besar dalam respons throttle, membuat tenaga mesin jauh lebih dapat digunakan dalam berbagai kondisi. Mode 2 menurunkan kinerja engine (untuk pengendara yang lelah). Sedang Mode 3 tenaga dihasilkan paling responsif dan yang mirip dengan maping Level 1 pada CRF 450R.

 

Dan sektor rangka memakai kontruksi balok aluminium CRF generasi ketujuh, mengapit tangki bahan bakar berkapasitas lebih besar.  Dengan peningkatan konsumsi manuver, kestabilan dan traksi yang optimal. Perubahan juga tersaji pada geometri rangka, sehingga berpengaruh pada sumbu roda yang menjadi 1482 mm.

 

 

Jarak antara poros roda depan dan poros lengan ayun 913 mm, dengan jarak dari poros lengan ayun ke poros belakang 569 mm. Geometri ini mentransfer lebih banyak bobot ke roda belakang, untuk pencapaian traksi yang luar biasa.

 

Up side down pakai produk Showa 49 mm adjustable. Silinder ini memiliki diameter 25 mm, dengan batang 14 mm dan piston kompresi 39 mm. Sehingga, kapasitas oli sok-nya lebih sedikit, dengan output lebih lembut.

 

Untuk suspensi belakang Showa , dengan tegangan pegas berubah dari 54 N/mm (CRF450R) menjadi 52N/mm dengan panjang 599 mm. Paduan lengan ayun lebih pendek 18 mm, sukses menawarkan sensasi manuver yang lincah.

 

Spesifikasi CRF 450RX “2018

Tipe 449.7 cc 4 tak silinder tunggal berpendingin cairan

Silinder cop Unicam OHC, empat katup

Bore x Stroke 96.0 mm x 62.1 mm

Rasio Kompresi 13.5: 1

Sistem bahan bakar (PGM-FI) ; 46mm throttle bore

Pengapian Transistor

Starter Electric

Rantai Driveline # 520; 13T / 50T

Transmisi Constant-mesh 5-speed return

Kopling multiplate basah

Rem depan cakram disc 260 mm

Rem belakang cakram disc 240mm

Ban Dunlop Geomax AT81 90 / 90-21 w & AT81 120 / 90-18 w

Kapasitas Bahan Bakar 2,2 gal

Berat 255 lbs

 

 

 

 

Honda Aries Putra

Jl. Gatot Subroto 08, Nganjuk (depan terminal baru Nganjuk), Jatim

0822 – 307 – 38 - 118