AHM dan Kemenperin Perkuat Vokasi Industri di Jawa Timur

 

 

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan PT Astra Honda Motor (AHM) kembali memperkuat pendidikan vokasi untuk mengembangkan link and match dunia pendidikan berbanding dunia industri. Kepedulian dan komitmen ini turut ditandatanganinya kesepakatan kerjasama dalam rangkaian acara Peluncuran Program Vokasi Industri di wilayah Jawa Timur.

 

 

Berlokasi di Kawasan Industri Rungkut Surabaya pada hari Kamis tanggal 7 Februari 2019, penandatangan kesepakatan kerjasama ini dilakukan oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) dengan 30 SMK Tekhnik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di Jawa Timur, dengan disaksikan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto.

 

SMK yang menjadi mitra binaan AHM ini mendapatkan bantuan sarana praktik berupa 31 unit sepeda motor dan 31 special tools. GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, menjelaskan terhitung sejak 2016 perusahaan dan  Kemenperin telah menjalin kerjasama pengembangan Program Pendidikan Vokasi Industri di SMK, di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumbangsel dan Sulawesi.

 

 

"Dukungan pemerintah untuk pengembangan vokasi industri sangat dinanti oleh SMK mitra binaan kami. Kami berharap program ini dapat mengakselerasi peningkatan kualitas SDM dan lulusan SMK di Indonesia,  untuk menghadapi pesatnya perkembangan teknologi otomotif , "urai Muhib sapaannya.

 

Sisi lain, khusus Jawa Timur, SMK binaan AHM dibimbing dan disupervisi langsung oleh PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM), yang merupakan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Jawa Timur dan NTT.

 

Tercatat sebanyak  93 SMK sudah mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.  MPM bahkan secara aktif telah memulai program TBSM Astra Honda ini sejak tahun 2007 Program ini pun telah melahirkan alumni SMK yang terampil dan berkarakter.

 

Sejauh ini pengembangan  vokasi dilakukan MPM dengan meningkatkan kompetensi para guru melalui program pelatihan teknik berjenjang dengan materi yang sudah disiapkan para instruktur berdasarkan perkembangan teknologi sepeda motor terkini.

 

Bagi para siswa, AHM juga memberikan kesempatan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS. Pelatihan secara berkala untuk guru dan siswa dan uji kompetensi juga dilakukan di MPM Learning Centre dengan didampingi oleh instruktur yang telah tersertifikasi.

 

 

Siswa lulusan SMK  Kurikulum TBSM Astra Honda terbukti telah memiliki daya saing tinggi  dalam mengisi lapangan pekerjaan di industri otomotif. Tahun lalu, sebanyak 300 lulusan SMK TBSM Astra Honda Motor wilayah Jatim bekerja di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan semakin bertambah  seiring kebutuhan yang lebih luas di jaringan Honda.

 

“Tak hanya memiliki daya saing tinggi di industri otomotif, lulusan TBSM Astra Honda juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang sekitarnya dengan memulai usaha perbengkelan di wilayahnya masing-masing, ”nilai Muhib yang merasa bangga atas improve orang sukses binaannya.    pid/asz

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER