YAMAHA MT-15 RESMI DISEBAR : Melengkapi Varian MT-Family, Dilego Rp 34,950 juta OTR Jakarta



Mengawali tahun 2019, Yamaha Indonesia bikin kejutan, dengan merilis produk baru, yakni MT-15. Kuda besi tangguh bergenre naked sport bike ini melengkapi jajaran Yamaha MT series yang sudah ada, dari MT-10, MT-09, MT-07, MT-03 serta MT-25. Bagaimana fitur dan keunggulan MT-15 ini?

 



Dari tampang luarnya, MT-15 gress ini memang dirilis dengan beberapa ubahan yang stylish, baik dari sisi desain, engine hingga fitur-fitur di dalamnya. Tentu, targetnya buat ngasih pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan buat konsumen Yamaha.  Rencananya, MT-15 yang sudah mulai disebar ke seluruh pelosok nusantara ini bisa dipilih dalam tiga varian warna, yaitu Matte Grey, Matte Blue serta Metallic Black. Di Jakarta sendiri, dilego  Rp 34.950.000 OTR.

 



“MT-15 ini representasi gaya berkendara masa kini, bisa dilihat dari desain motor yang lebih agresif, penambahan fitur terbaru, serta optimalisasi mesin yang lebih bertenaga. Kami optimis MT-15 bisa direspon positif dari masyarakat dan menjadi trend setter di kalangan pencinta naked sport,” tutur Yordan Satriadi, Deputy GM Marketing PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg.

 


DESAIN LUAR ALA URBAN BIG BIKE
Seperti ciri khas MT-Series, MT15 ini punya karakter yang khas, dengan sisi kedok depan garang dan agresif, ini berkat lampu dual position light LED seperti mata, serta lampu utama seperti mulut yang terbuka. Mirip predator yang siap menerkam mangsa. Lampu utama MT-15 sendiri terbilang cukup spesial, sudah bertipe Projector LED, jadi cahayanya lebih terang dan fokus.
Di balik kedok, nongol juga speedometer full digital dengan tone warna negative serta shift timing light yang berfungsi untuk memberi tahu kepada pengemudi kapan harus melakukan perpindahan gigi guna meraih performa berkendara yang optimal.
Handle bar diseting lebar biar posisi duduk lebih tegak serta kehadiran big bike switch untuk sistem pengoperasian motor (cut off/ on dan starter engine), sukses menciptakan kesan moge look yang kental pada MT-15.

 



BODYWORK
Di bagian tengah MT-15, dibuat lebih padat namun tetap menghadirkan garis tegas bersudut tajam, terutama pada area tangki serta air shroud yang membuat tampilan motor terlihat berotot dan semakin sporty. Sementara, tail end juga sama, lebih padat berikut jok menyatu dan lebih panjang. Maksudnya,  menciptakan ruang posisi duduk yang lebih luas serta nyaman baik bagi sang pengendara maupun penumpang.  Lampu belakangnya sendiri juga sudah mengadopsi tipe LED.

 

 



ENAK BUAT MANUVER
Sekilas, tampang MT-15 cukup bongsor, namun didukung riding-position yang pas untuk rerata biker Indonesia, MT-15 bisa diajak manuver lincah. Apalagi, disokong oleh suspensi yahud, kombinasi sok up-side down (USD), berikut swing arm almu yang kokoh dengan bobot ringan serta ban tubeless bertapak lebar turut menghasilkan rasa berkendara yang lebih stabil. Selain itu penggunaan Rangka khas Delta Box yang kuat serta kokoh, memastikan rasa berkendara MT-15 juga menjadi semakin rigid.

 


 
TORSI MELIMPAH
Dengan tampilan yang garang, MT-15 tentu jadi ringkih jika tidak punya dapur pacu mumpuni. Karena itulah, Yamaha menanam mesin 155cc 4-katup dengan 6-percepatan. Mesin berfitur  Variable Valve Actuation (VVA) plus liquid cooled ini bisa mengeluarkan daya 14,2 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan torsi sebesar 14,7 Nm/ 8.500rpm.
Kelebihan lain? Adanya fitur assist yang membuat kopling menjadi ringan serta slipper clutch yang memperhalus proses perpindahan gigi sehingga meningkatkan akselerasi berkendara menjadi lebih cepat. Pengaplikasian teknologi DiAsil cylinder & forged piston membuat mesin motor menjadi tiga kali lebih awet, kuat dan ringan.