Mercedes-Benz Truck Kenalkan eActros, Truk Pertama Bertenaga Listrik

eACTROS. Truk listrik pertama dari Mercedes-Benz Truck.

Setelah memperkenalkan sebuah kendaraan konsep angkutan barang di ajang IAA Hanover 2016 silam dan disusul dengan pengujian 10 prototipenya mulai tahun 2018, Mercedes-Benz Trucks rupanya benar-benar mewujudkannya dalam rupa truk terbaru, yakni eActros.



"Transportasi adalah bagian dari masalah perubahan iklim, dan kami mencoba mengambil bagian dari solusi dengan eActros, yang sudah menempuh lebih dari setengah juta kilometer di jalan umum. eActros dan layanan khususnya adalah langkah besar bagi Mercedes-Benz Trucks dan bagi pelanggan kami untuk menuju transportasi yang netral CO2," optimis Karin Rådström, Member of the Board of Management di Daimler Truck AG.

 

 

BATERE. Terdiri dari tiga atau empat paket yang punya range 400 km.



Kali ini, Mercedes-Benz eActros ditopang oleh penggerak 2 motor listrik yang terpadu bareng transmisi dua kecepatan. Dua motor listrik ini sangat powerful, dan tentu saja bebas emisi dan senyap sehingga dapat digunakan untuk pengiriman malam hari atau masuk ke kota yang terdapat larangan kendaraan diesel.



Dua motor listrik eActros ini disokong oleh tiga atau empat paket batere, yang masing-masing berkapasitas 105 kWh. Dengan kapasitas maksimum hingga 420 kWh, eActros pun sanggup menempuh range hingga 400 km, yang mana batere-nya sendiri bisa diisi hingga 160 kW. Saat terhubung ke stasiun pengisian DC 400A, tiga paket batere butuh waktu sekitar satu jam untuk pengisian 20-80% batere.

 

 

FITUR SAFETY. Tetap dibekali sesuai standar Mercedes.



Mercedes-Benz Trucks juga tetap memperhatikan fitur keselamatan aktif di eActros ini, yakni membekalinya dengan sistem safety standar seperti MirrorCam, Sideguard Assist S1R atau Active Brake Assist (ABA) generasi kelima dengan deteksi pejalan kaki.

 

 

PERAKITAN eACTROS. Dikerjakan di pabrik Wörth am Rhein Jerman.



Mercedes-Benz eActros sendiri bakal mulai diproduksi di pabrik Wörth am Rhein, yang hasil produknya akan dipasarkan ke beberapa negara di Eropa, seperti Jerman, Austria, Swiss, Italia, Spanyol, Prancis, Belanda, Belgia, Inggris Raya, Denmark, Norwegia, dan Swedia.

 




naskah/foto ; punk/daimler