Update Honda Civic Type R Terbaru, Facelift Dengan Ubahan Eksterior & Interior, Kian Mengisyaratkan Tampilan Sporty dan Agresif

TAMPANG BELAKANG. Desain baru di bagian Bumper dan Diffuser, Rear Wing Spoiler, serta Vortex Generator.

Kali pertama nongol di ajang GIIAS 2017 silam, Honda Civic Type R memang sangat menarik perhatian. Tampilannya yang sporty dan agresif mengisyaratkan kendaraan yang kental DNA balap. Nah, di pertengahan tahun ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai apm Honda di Indonesia ikut mengupdate Civic Type R ini dengan ubahan eksterior dan interior.



"Type R ini terinspirasi dari mobil balap, dan menjadi salah satu mobil istimewa bagi kami yang memiliki DNA balap yang kental dan sekaligus menjadi mobil sport satu-satunya yang kami jual. Karena itulah, perlu ubahan agar semakin menyesuaikan keinginan penggunanya," ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

 

 

HONDA CIVIC TYPE R TERBARU. Dengan rombakan eksterior dan interior yang keren.



Secara profil dan dimensi, Civic Type R kali ini memang tidak mengalami rombakan signifikan, dan bisa dibilang hanya facelift dan minor change. Namun, ubahannya justru kekinian, dan tetap memastikan karakter sporty lewat desain bodywork luar, dari bumper depan, side skirt hingga sayap belakang.  Lalu, apa saja perubahan detail mobil yang dilego dengan harga Rp Rp 1,177 miliar on the road Jakarta ini?

 





EKSTERIOR

 

 

UBAHAN BODI. Bumper depan baru.



Ditilik dari sisi luarnya, ada kesan lebih agresif dengan New Front Bumper Design and New Rear Bumper Design with Diffuser, Rear Wing Spoiler, dan Vortex Generator di garis belakang pada atap. Tambahan Side skirt, carbon effect fiber serta Underbody Spoiler Kit with Red Striping juga menambahkan kesan sporty pada mobil yang dilengkapi Full LED headlights dan LED Daytime Running Lights.



Konsumen sendiri bisa meminang Civic Type R terbaru ini dengan tiga pilihan warna, yakni Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, dan Championship. Ketiganya keren pastinya !

 

 

CORONG KNALPOT. Type R Triple Exhaust with Finisher diposisikan di bagian belakang tengah mobil untuk menjaga aliran udara.



Corong knalpot Type R Triple Exhaust with Finisher diposisikan di bagian belakang tengah mobil untuk menjaga aliran udara, di mana knalpot utama di kedua sisi menyalurkan udara dari mesin, sementara knalpot tengah yang berukuran lebih kecil berfungsi untuk mengendalikan sonic tone pada mesin.

 



UNDERCARRIAGE

 

Ubahan paling kentara lainnya, aplikasi pelek baru 20 inci Alloy Wheels berikut New Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk memonitor tekanan angin. Jadi, pengemudi akan diberi peringatan di layar MID jika ada tekanan ban yang kurang.

 

 

NEW DISC BRAKE. Memberikan pengereman maksimal dan pendinginan yang lebih baik.



Rodanya sendiri dijejali New 2 Piece Disk Brake sehingga memberikan pengereman yang lebih baik terutama di roda depan, dan pastinya juga membantu menghasilkan pendinginan saat terjadinya gesekan. Tak hanya itu, Honda juga sudah menyetel ulang Adaptive Damper System sehingga kualitas pengendaraan lebih sesuai dan nyaman selama berkendara dengan peredaman yang lebih baik.

 



INTERIOR

 

 

SUASANA INTERIOR. Kombinasi warna dan trim yang tetap sporty.



Dibandingkan eksterior, ubahan interior Civic Type R ini juga sangat khas, dan kelihatan. Paling nyata, lingkar setir yang dibalut ulang dengan material baru Alcantara sehingga memberi kesan tebal namun empuk saat digenggam. Setir ini juga klop dengan shift knop yang didesain ulang.  Selain itu, nancep juga New Wireless Charging di kabin depan, yang memudahkan penggunanya untuk mengisi daya smartphone.

 



ENGINE DENGAN TURBO

 

 

DAPUR PACU. Masih disokong mesin 2.0 liter VTEC Turbo.



Dibandingkan eksterior dan interior yang sudah mengalami update, dapur pacu Civic Type R ini masih ditopang mesin 2.0 liter VTEC Turbo berdaya 310 PS pada revolusi mesin 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada putaran antara 2.500 – 4.500 rpm. Mesin Turbo ini digandeng girboks 6 speed yang disempurnakan bareng Rev Match System yang memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

 



FITUR PENUNJANG

 

 

KOLOM SETIR. Kini dibalut ban New Alcantara yang tebal tapi nyaman digenggam.



Baik fitur safety dan kenyamanan, Civic Type R ini juga terbilang komplit. Beberapa fitur keamanannya sudah tertanam sebagai standar, dari enam airbags, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA ), hingga Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).



Terdapat pula fitur kenyamanan dan keamanan lainnya seperti Rain Sensing Front Wipers, Walk Away Auto Door Lock, Auto Door Lock by Speed, dan Smart Entry System dengan Push Start Stop Button. Tak ketinggalan Lane WatchTM yang dapat memberikan penglihatan lebih luas pada samping kiri kendaraan dan meminimalisir blind spot area.





naskah/foto : punk/hpm