Ini Strategi Honda Indonesia Menjadikan Brio Mobil Terlaris 2020

HONDA BRIO. Mobil terlaris 2020 dengan penjualan lebih dari 43 ribu unit.

Dari data yang dirilis oleh Gaikindo, Honda Brio yang diproduksi dan diedarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) menjadi salah satu model terlaris tahun 2020 lalu. Brio mencatatkan penjualan hingga 43.021 unit di seluruh Indonesia.

 


Rinciannya, Honda Brio yang dirilis dalam varian Satya dan RS ini, masing-masing terjual 31.713 unit dan 11.308 unit, atau 54% dari total penjualan mobil Honda tahun 2020 yang mencapai angka 79.451 unit. Tak hanya itu, Honda Brio Satya juga menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar 27,2%, sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar 74,7% di segmen City Car.

 


Business Innovation and Marketing & Sales Director, Yusak Billy mengatakan bahwa pencapaian Honda Brio sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di era pandemi, terutama dalam hal peningkatan penggunaan media online dan pergeseran dari penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi. Kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda.

 

 

BRIO. Juga diekspor ke Filipina dan Vietnam.

 


"Pencapaian Honda Brio di tahun yang penuh tantangan ini tentunya juga didukung oleh jaringan diler Honda di seluruh Indonesia yang terus menjalin komunikasi dengan konsumen terutama melalui platform digital, serta menyediakan program-program penjualan yang meringankan dan memudahkan pembelian bagi pembeli mobil pertama," kata Yusak Billy.

 


Menurutnya, salah satu resep yang membuat Brio bisa diterima dengan baik adalah mengisi celah pasar pembeli pertama atau first time buyer. "First time buyer adalah kontributor terbesar untuk penjualan mobil di Indonesia, dan Brio termasuk model yang sangat diminati oleh pembeli pertama tersebut," tukas Billy.

 


Apalagi, cukup banak konsumen yang beralih menggunakan kendaraan pribadi untuk menghindari penularan Covid-19, sehingga butuh mobil yang terjangkau, praktis namun juga punya tampilan keren, ini yang bisa diakomodasi oleh Honda Brio, yang menggunakan mesin i-VTEC SOHC 1.2 liter tersebut.

 


Sejak diperkenalkan di Indonesia tahun 2012 lalu, Honda Brio telah terjual hingga 376.304 unit. Selain itu pasar lokal, Honda Brio juga telah diekpor ke Filipina dan Vietnam, dengan pengiriman sejumlah 5.970 unit di tahun 2020 lalu.

 


editor : punk, foto : hpm