SUZUKI INDONESIA : Di Masa Pandemi Corona, Carry Justru Sumbang Penjualan Terbanyak

VARIAN SUZUKI CARRY PICK UP. Masih tetap tumbuh meski di tengah kelesuan akibat Covid-19.

Di masa pandemik Covid-19, penjualan mobil nasional memang mengalami trend penurunan, meski begitu ada beberapa varian dari beberapa brand yang justru tetap tumbuh. Menilik data penjualan Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), merek Suzuki berada di peringkat 4, menggeser posisi Mitsubishi Motors yang sebelumnya pada posisi tersebut.




Bagi Suzuki, ini merupakan raihan sangat positif di tengah kelesuan penjualan saat pandemi covid-19, yang dialami oleh semua brand otomotif di tanah air. "Beberapa kunci kesuksesan yang kami lakukan di antaranya cakupan dan sebaran jalur distribusi Suzuki di seluruh Indonedia. Hingga kini Suzuki memiliki 341 outlet di seluruh Indonesia,” ungkap Harold Donnel, Head of Product Development PT Suzuki Indomobil Sales.



Menurutnya, di saat pemerintah-pemerintah daerah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), berdampak ke dealer-dealer Suzuki terpaksa menghentikan operasi sementara. Jumlahnya setara 65 persen dari total dealer. Namun, di daerah yang belum menerapkan PSBB, dealer Suzuki masih aktif berjualan.

 

SAAT LAUNCHING CARRY BEBERAPA WAKTU LALU. Kini menjadi kontributor terbanyak penjualan Suzuki Indonesia.


Yang pasti, kontributor penjualan terbesarnya masih disumbang mobil niaga yaitu Carry, sebesar 12.152 unit. Lalu diikuti oleh low SUV XL7 yang jadi andalan baru Suzuki, yang cukup diterima pasar. Paling menarik adalah kehadiran XL7 berhasil terjual lebih banyak dibanding dengan Ertiga, yang sebelumnya selalu berada di posisi kedua model terlaris Suzuki di Indonesia.



Di masa pandemi ini, Suzuki Indonesia juga terus melakukan penyesuaian-penyesuaian di berbagai kegiatan termasuk pemasaran dengan mendorong aktivitasi secara digital. Begitu juga dengan paket layanan purnajual.



Sebagai informasi untuk mendorong dan bergairahnya kembali pasar otomotif di Tanah Air di bulan Juni Suzuki adakan Mid Year Festival dengan program-program beragam untuk kendaraan pick up dan kendaraan penumpang. Diantaranya dengan membeli New Suzuki Carry konsumen akan mendapatkan motor Suzuki Satria F150 dan sebagainya.

 


naskah/foto : tim/istimewa