GIIAS 2020 Jalan Terus, Tapi Hanya Digeber di Jakarta dan Surabaya

PAMERAM GIIAS. Tahun ini tetap diadakan, meski hanya dua kali.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), berencana tetap menjalankan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 tahun ini, tetapi dengan sedikit penyesuaian, yakni jumlah pamerannya yang dipangkas.




Artinya, jika biasanya rangkaian event pameran ini digeber sebanyak empat kali di empat kota, tahun ini kemungkinan besar hanya diadakan sebanyak dua kali saja. Yakni di GIIAS Surabaya 2020 dan The 28th GIIAS ICE-BSD City, Tangerang. Normalnya empat pameran. Sedangkan penyelenggaraan GIIAS Makassar dan GIIAS Medan dibatalkan dan baru diadakan lagi tahun 2021.

 



"Kami harus berpikir ke depan, bahwa berbagai faktor harus kami prioritaskan, seperti kesehatan dan keselamatan masyarakat, kondisi perekonomian negara, dan selain itu kami juga harus memikirkan kepentingan industri, bahwa industri otomotif akan membutuhkan waktu untuk recovery, namun juga membutuhkan ajang untuk bangkit kembali," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

 

SERI MEDAN DAN MAKASSAR. Diadakan lagi tahun 2021.



Gaikindo berasumsi pada Juni 2020 pandemi menurun kemudian pada Juli 2020 kondisi negara akan berangsur-angsur normal, termasuk kondisi ekonomi Indonesia. "Oleh karena itu kami memutuskan untuk berupaya tetap melangsungkan GIIAS 2020, konsentrasi pada dua penyelenggaraan, dengan beberapa penyesuaian," jelasnya.

 



Rencananya, GIIAS Surabaya akan diadakan pada 2-6 September 2020 di Grand City Convex Surabaya. Sedangkan event The 28th GIIAS 2020 BSD-City diadakan antara 22 Oktober – 1 November 2020, di Indonesia Convention Exhibtion (ICE) BSD.


 


naskah/foto : punk/istimewa