PT. MITSUBISHI MOTORS KRAMA YUDHA SALES INDONESIA (MMKSI) : Pasarkan Penuh Xpander Cross Di Sepanjang 2020 Sebagai Strategi Mitsubishi Dongkrak Penjualan LMPV.

MITSUBISHI XPANDER CROSS. Maskot Terbaru Varian LMPV PT. MMKSI Dalam Merebut Angka Tertinggi Penjualan 2020.

Pasar Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) diwarnai oleh persaingan sengit antara beberapa pabrikan mobil  Jepang, dimana salah satu yang ikut di dalamnya adalah pabrikan Mitsubishi dan Toyota. Dengan produk andalan Mitsubishi Xpander, terdata begitu ketat bersaing dengan produk pabrikan Jepang lain sebagai produk LMPV terlaris di tiap bulannya.

 


Karenanya, di tahun 2020 ini, Mitsubishi memastikan diri akan hadir lebih kompetitif dengan peluncuran  Xpander Cross di penghujung akhir tahun lalu. Secara keseluruhan, pada 2019 Xpander berada di posisi ketiga mobil terlaris di Indonesia. Berdasarkan data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo),  Xpander terjual sebanyak 75.075 unit pada 2018, sedangkan pada 2019 hasilnya 62.666 unit.

Selama dua tahun ke belakang, konsentrasi penjualan tertuju pada konsumen retail alias untuk pemakaian pribadi, dan pada tahun ini, MMKSI bakal meningkatkan pemasaran untuk konsumen fleet. "Dua tahun kami konsen ke retail konsumen, sudah saatnya kami merambah pasar penjualan ke segmen lebih besar dengan mencoba meningkatkan fleet," jelas Imam Choeru Cahya,  Head of Salesa and Marketing Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

Menurut Imam, berdasarkan catatan penjualan retail Xpander, sebanyak 15 % atau sekitar 9.000 unit diserap pembeli fleet. Jumlah itu dikatakan masih kecil dan bisa ditingkatkan. Saat ini disebut Imam pihaknya banyak memprospek pembeli borongan Xpander yang sedang digarap. "Salah satunya kerja sama dengan salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia yang kami harapkan tetap berkelanjutan sampai tahun ini mengingat potensi di dunia perbankan memang cukup besar," bebernya. Selain itu, Imam juga mengungkap bisa meningkatkan serapan pembeli borongan dari bisnis rental yang dimiliki perusahaan dealer.

Strategi meningkatkan penjualan Xpander pada tahun ini, juga bakal disokong performa varian baru Xpander Cross yang bakal dipasarkan penuh 12 bulan pada tahun ini. Diluncurkan sekitar akhir November, Xpander Cross langsung memberikan kontribusi maksimal pada penjualan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Sampai tutup tahun 2019 lalu, produk baru tersebut terjual sebanyak 2121 unit.  Imam mengklaim bahwa respons konsumen terhadap Xpander Cross melebihi target mereka yakni 1500 unit per bulan. Bahkan untuk Januari 2020 saja sudah terjual 1.800 unit.

 


Sesuai dengan strategi Mitsubishi, Xpander Cross memang cukup fleksibel dan bisa mencuri geliat pasar LMPV dan LSUV. “Posisinya ada di antara keduanya, bisa kemana-mana, lagipula ini kan crossover, dan penjualan Mitsubishi Xpander Cross sendiri lebih banyak diserap area Jabodetabek dengan angka 40 % dan diikuti wilayah Jawa Timur sebesar 11 %. Sementara Bali, kontribusinya baru 2 % atas penjualan Xpander Cross," pungkasnya.


Foto / Teks : Mas Don