GIIAS SURABAYA 2019 : SERBUAN APM RODA EMPAT KENALKAN FITUR CANGGIH TERBARU

 

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS). Ajang pabrikan mengenalkan teknologi dan fitur produk terbarunya setiap tahun & diminati konsumen memilih produk andalan terbaru.

 

Mantap, kota kebangaan arek Suroboyo kali ini menjadi ajang pembuka seri GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 29 Maret - 7 April 2019, yang artinya bisa menjadi rujukan mania otomotif Jatim dan Bali, untuk mengikuti perkembangan teknologi dunia otomotif roda empat dan dua yang lebih up to date.

 

Pastinya ada pertimbangan dipilihnya Surabaya menjadi seri perdana GIIAS 2019, selain mulai terjadinya peningkatan perekonomian, efek makin bertebarnya industri kreatif di bidang kuliner, entertaint dan jasa, antusias mania otomotif di Jatim yang atraktif, juga menjadi alasannya.

 

 

Hingga melahirkan pola dan mindset baru yang terjadi pada konsumen roda empat dan dua di Jatim, identik memburu perkembangan teknologi dan fitur terbaru kendaraan roda empat dan dua. Termasuk tema dan konsep sajian APM (Agen Pemegang Merk), yang banyak memberi efek positif terhadap gairah pasar roda empat dan dua di Jatim.

 

Dan penyelenggaraan seri GIIAS di daerah diharapkan menjadi sebuah ajang tepat bagi APM untuk menghadirkan teknologi serta produk keluaran terbaru diawal 2019. “GIIAS adalah pameran teknologi, dan kami harap dapat dipakai oleh para peserta untuk memperkenalkan teknologinya dan mungkin juga me-launching produk baru” tutur Rizwan Alamsyah Ketua Penyelenggara GIIAS 2019.

 

Korelasi demikian tentu tepat, ketika Surabaya dipilih sebagai tuan rumah ajang para APM mengenalkan teknologi dan produk otomotif terbaru di 2019. Apalagi telah mendapat dukungan dari Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, Wuling, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, yang akan membidik segmen passenger car.

 

Juga segmen commercial vehicle yang digawangi oleh Isuzu dan Mitsubishi Fuso, serta segmen industri otomotif lain yang menilai GIIAS 2019 layak menjadi sarana untuk mendongkrak popularitas dan mengedukasi konsumen milenial.

 

Tak ketinggalan ada empat merek motor ternama di tanah air, Honda, Suzuki, Yamaha dan Viar, yang ikut mengenalkan teknologi dan produk terbarunya di GIIAS 2019. Konsumen tak hanya bisa melihat perkembangan otomotif 2019, tapi juga bisa langsung ber-experience dengan performa kestabilan dan fitur terbaru kendaraan roda empat dan dua, pada sesi test drive - test ride.

 

Bahkan di kesempatan ini konsumen bisa langsung maping, total fitur terbaru sesuai kebutuhan berbanding harga yang ditawarkan APM. Mengingat, sejak 2017 silam APM mulai berkompetisi menghadirkan fitur-fitur terbaru pada produk-nya.

 

Sebab, hal demikian telah dipahami APM akan kultur dan hasil evaluasi segmen pasar di tanah air, yang identik membutuhkan experience easy ride, full entertaint, seluruh penumpang merasa aman dan nyaman, kompak menghajar destinasi wisata virgin, proses redaman vibra optimal hingga after sales yang hemat, jadi pertimbangannya.

 

Parameter itu pula, yang sukses memberi input ke APM, untuk memanfaatkan peluang pasar yang dianggap cukup produktif, untuk mengenalkan fitur dan teknologi terbaru. Seperti Suzuki di kesempatan ini, lebih mengarah ke line up yang telah mengalami face lift dan memperkuat karakter tema yang disajikan, seperti All New Ertiga Sport. Secara fitur menyasar ke segmen family, dengan bertebarnya kompartemen console, untuk memudahkan menyimpan barang bawaan.

 

Juga ada push start/stop sehinga tak perlu lagi pemakaian anak kunci. Pada faktor keselamatadiback up dual SRS air bag di depan, front seatbelt 3 point ELR with pretentioners dan force limiters dan isofix. Selain itu juga ada smart entry, immobilizer, child, child proof door lock, serta security alarm.

 

Untuk kenyamananditopang suspensi sistem Mc Pherson Strut With Coil Spring di depan dan torsion beam with coil spring di belakang, seperti yang disampaikan Setiawan Surya 4W Deputy Managing Director PT. SIS.  

 

Sedang Honda Prospect Motor lewat line up terbarunya, berusaha tampil lebih sporty, atraktif dan dinamis. Selain All New Honda Brio, juga ada line up terbaru yakni New Honda Civic 1.5 Turbo dan Honda New Honda Mobilio. Sipnya penyegaran pada tampilan luar dalam Honda New Mobilio ditawarkan tanpa kenaikan harga dari model sebelumnya.

 

Urusan fitur paling terbaru diterapkan pada New Honda Civic 1.5L Turbo, seperti 4-way Front Passenger Power Seat Adjuster, Cruise Control,  Dual Pinion Electric Steering Power (EPS), lebih menawarkan sensasi pencapaian akurasi handling, manuver responsive dan kompak.

 

Untuk fitur keselamatan, dibekali Auto Dimming Rear View Mirror , Rain Sensing Windshield Wiper, Rear Parking Camera, Pedestrian Protection. Selain itu juga ada Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-Iock Braking System (ABS) + Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal.

 

Fitur yang kita usung kali ini, sebagai kemewahan supremasi tertinggi, spesial untuk loyalis Honda, ”beber Jonfis Fandy Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor. 

 

Dan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, yang aktif di perjalanan GIIAS, tetap fokus untuk melangsungkan rangkaian promo awal tahun kepada konsumen yang membeli New Triton Athlete, Xpander Ultimate, Xpander Exceed MT, Outlander Sport GLX dan Pajero Sport Dakar di even GIIAS 2019. “Kita juga siapkan unit test drive, bagi pengunjung GIIAS 2019, Surabaya yang ingin merasakan secara langsung performa keseluruhan, ”kata Amirudin Head of Field Marketing Region 2 Dept PT. MMKSI. 

 

Bicara New Triton Athlete Mitsubishi lebih berani membidik segmen yang berbeda, dalam konteks ini penyuka petualang.  Diback up mesin bekode 4D56, berkapasitas 2.477 cc, dengan pilihan manual dan otomatis 5 tingkatan kecepatan, juga dilengkapi head unit advanced entertainment 7”, double blower Air Conditioning (AC), push start button, cruise control, paddle shift, konektivitas pengaturan audio.

 

Spesial di sektor suspensi mengusung Independent Wishbone depan dan Rigid Axle belakang, klop buat menghajar berbagai variabel trek. Alasan itu pula, turut dilengkapi empat mode pilihan berkendara seperti 2H, 4H, 4HLC dan 4LLC, sebagai pengatur konversi tenaga mesin ke dua roda hingga ke empat rodanya, sesuai dengan kondisi dan beratnya trek yang dihajar.

 

Sedang kebutuhan handling, manuver dan pengereman, diback up Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) dan Hill Start Assist (HSA) serta Trailer Stability Assist (TSA).

 

Sebagai pendatang baru, APM Wuling di GIIAS Surabaya 2019 kali ini kemungkinan akan menjadi bintang, dengan line up terbarunya Wuling Almaz. Bertabur teknologi cerdas, untuk berbagai kebutuhan, dengan segmen yang lebih luas.

 

Itu lantaran SUV yang dibandrol Rp 325.800.000 itu, dilengkapi smart multimedia 10,4” touchscreen, tampilan Tire Pressure Monitoring System (TPMS), pengaturan beragam fungsi kendaraan dan pendingin udara, serta fasilitas hiburan yang ditunjang perangkat audio Infinity by Harman. Berkombinasi interior soft touch panel, lingkar kemudi berbahan kulit, serta jok semi-leather.

 

Sipnya, fitur keselamatan yang diaplikasi terbilang komplit, seperti kamera 360 derajat, 6 sensor parkir, Traction Control System (TCS), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB), Emergency Stop Signal (ESS), sistem pengereman ABS, EBD, BA, hingga dual front and side airbag. Akselerasi yang responsif dan smooth, juga menjadi sensasi yang ditawarkan mesin 4 silinder 1.500 cc turbocharged Continuously Variable Transmission 8-percepatan dari Bosch.

 

Sisi lain, teknologi modern seperti future eyes LED, dynamic parallel design, floating roof dan sunroof, juga menjadi nilai plus Almaz. “Pilihan warna-nya beragam, terbagi Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver, Starry Black, Burgundy Red, dan Carnelian Red, ”promo Yin Yi selaku Brand and Marketing Director Wuling Motors.

 

Demikian Toyota Astra Motor (TAM), masih fokus untuk penetrasi pasar LMPV, dengan line up terbarunya, yakni New Avanza dan New Veloz di Jatim, dengan bandrol Rp. 200 juta - Rp. 232 juta on the road. Refresh tampilan berlangsung skala dress up dan tetap mempertahankan fitur penunjang kenyamanan, seperti mulai diterapkannya rubahan insulator sasis bagian belakang, floor, serta dash panel bagian depan, yang mampu mereduksi resonansi suara optimal.

 

Sensasi baru juga bisa dirasakan hasil output dari penyegaran rangka, kaki-kaki, suspensi dan program electric power steering, sehingga manuver lebih kompak baik dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi, ” kata Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

 

Fitur yang mengalami refresh lain adalah center cluster, Air Conditioner control, illumination lamp, power slot (row 1 dan 2), dan USB port (row 3). Bahkan pada New Veloz ada tambahan fitur terbaru smart entry, desain outer mirror yang kini hadir dengan fitur retractable auto folding dan Follow Me Home Light.

 

Kalau pingin lebih dalam mencermati fitur dan teknologi terbaru kendaraan roda empat dan dua lain, langsung saja geber ke Grand City Surabaya di 29 Maret 2019 mendatang.

 

Selain menjadi ajang teknologi dan produk terbaru, di GIIAS 2019 ini juga dimeriahkan community gathering dan auto contest, yang ikut digelar di GIIAS Surabaya 2019. Didalamnya juga ada GIIAS Autopreneur, yang sengaja mengundang beberapa modifikator dan pakar otomotif Surabaya, untuk sharing pengalaman mengelola bisnis di bidang otomotif, seperti saat ini.

 

Diharapkan bisa menjadi alternatif remaja untuk melangkah lebih visioner dan kreatif hingga memanfaatkan sebagai lahan bisnis baru, dalam menyambut trend dan dinamika otomotif yang kian pesat. Selebihnya, di GIIAS Surabaya 2019 Surabaya, melalui Autovaganza akan hadir dengan berbagai macam program dan penawaran menarik baik dari APM peserta ataupun dari industri pendukung. Jadi, jangan sampai dilewatkan kesempatan emas ini.

 

Oh ya, setelah GIIAS 2019 Surabaya, untuk jadwal berikutnya GIIAS 2019 akan bergeser ke Jakarta 18- 28 Juli 2019 bertempat di ICE, BSD City. Berlanjut ke Makassar, 4-8 September 2019 di Celebes Convention Center. Sebagai penutupnya, berlangsung di Medan, 23-27 Oktober 2019, berlokasi di Santika Convention Center.   pid