Asuransi Astra Raih Top Leader Insurance Award 2018 : Up Date Inovasi & Familiar Jadi Kunci Sukses

 

 

CEO Asuransi Astra, Rudy Chen saat meluncurkan asuransi happyOne.id di Jakarta (17/10)

 

Di tengah ketatnya persaingan bisnis industri asuransi, Asuransi Astra berhasil mencatatkan kinerja positif hingga penghujung 2018. Hal itu dibuktikan dengan kesuksesan Asuransi Astra meraih predikat sebagai Insurance Top Leader for Digital Product Initiative untuk kategori Asuransi Umum dengan Aset Rp10-25 Triliun di ajang Insurance Top Leader Award 2018 yang digelar Warta Ekonomi, Jumat (14/12) lalu di Jakarta.

 

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi pemimpin perusahaan atau CEO, yang mampu meningkatkan kinerja perusahaan dan menerapkan strategi tepat dalam menghadapi era persaingan. Tak hanya itu, dalam mengelola perusahaannya, CEO harus mampu menyelaraskan organisasi saat mencapai visi dan misinya. Insurance Top Leader Award diberikan kepada CEO Asuransi Astra Rudy Chen atas kepemimpinannya yang dinilai telah berhasil mengembangkan perusahaan di tengah persaingan industri asuransi saat ini.

 

 

Kondisi persaingan tersebut membuat pelaku usaha harus gencar berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Terlebih lagi ketika era digitalisasi yang kian dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Hal itu mendorong perusahaan harus adaptif dan mengantisipasi transformasi zaman guna menghadapi kemungkinan yang terjadi di masa depan.

 

CEO Asuransi Astra, Rudy Chen saat meluncurkan layanan chatbot pembelian asuransi pertama, GarXia di Jakarta (12/9)

 

Dalam perjalanannya memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin berkembang, Asuransi Astra kemudian membangun infrastruktur digital, baik di internal perusahaan maupun eksternal untuk berkomunikasi secara mudah dengan konsumen.

 

Mengusung konsep Digital Journey, pengembangan itu dilakukan secara menyeluruh untuk memperkuat lini bisnisnya di sektor asuransi. “Bukan berarti seluruh layanan kami hijrah ke dunia digital, tetapi lebih pada upaya untuk menguatkan bisnis konvensional kami, Garda Oto,” ujar Rudy.

 

Rudy menjelaskan terobosan itu sebagai upaya diversifikasi Asuransi Astra untuk menguatkan distribusi produk asuransinya itu yang kemudian dibuktikan dengan hadirnya beberapa kanal digital seperti aplikasi, chatbot, dan situs.

 

Inovasi digital tersebut berupa Garda Experience Intelligent Assistant atau dikenal GarXia yang menerapkan artificial intelligence (AI) machine learning. “Garxia adalah chatbot pertama yang memungkinkan kita berinteraksi dengan konsumen. Transaksinya mudah, sederhana, dan faktor keamanan tetap terjaga,” paparnya.

 

CEO Asuransi Astra (depan) bersama tim Garda Siaga Asuransi Astra.

 

Selain itu, Asuransi Astra juga membangun kanal pembelian produk asuransi terbaru melalui situs  happyOne.id. Mengusung tagline My All in One Insurance, happyOne.id menawarkan empat produk asuransi dengan manfaat berbeda yang pembeliannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu HappyMe, HappyEdu, HappyHome, dan HappyTrip.

 

Rudy menilai strategi diversifikasi tersebut dilatarbelakangi karena pertumbuhan penetrasi internet dan smartphone serta besarnya populasi generasi milenial, yang tech savvy dan saat ini diklaim menjadi pasar masa depan bagi Asuransi Astra.

 

Hal tersebut yang kemudian menjadi faktor penting perusahaan mengembangkan layanannya terhadap konsumen dengan merambah sektor digital. Prestasi ini sebagai bukti sekaligus momentum perusahaan untuk terus melahirkan inovasi-inovasi untuk memperkuat lini bisnis asuransi dalam menghadapi tantangan global.   pid