KTM NEW DUKE 250 CC : MENU TOURING INCARAN EXMUD

Nilai value yang tinggi kembali ditawarkan oleh KTM Indonesia dengan produknya KTM New Duke 250. Strategi market yang apik, turut ditunjukkan pula dengan pasang bandrol line up sport 250 cc ini di Rp. 49 juta - Rp. 52 juta (ABS version). Tiga point value sudah menjadi modal kuat New Duke 250 cc, bertarung di segmen ini. Pertama brand image KTM, kedua kapasitas 250 cc dan ketiga harga kompetitif yang logis ditinjau dari sisi manapun.

 


Hal demikian yang kemudian sukses menjadi ketapel bagi kompetitor yang bermain di segmen ini. Hingga bidikan pasar yang sejak awal menyasar remaja penghobi adrenalin tinggi usia 17 tahun - 25 tahun, justru berbalik 150 derajat ke segmen exmud atau pria produktif dengan pribadi prestis, cerdas dan suka berpetualang.



BODI
Duke sudah menjadi trade mark KTM sebagai versi naked bikenya, termasuk New Duke 250 ini. Steel trellis frame masih menjadi mustika, hingga ditonjolkan dengan warna khas orange di buritan sebagai penopang jok, bodi dan tumpuan monosok. Berkombinasi steel trellis hitam di depan yang turut dimanfaatkan sebagai hanger engine dan penopang tangki 13,4 liter. Paduan panel bodi naked khas sport berbobot 147 kg yang minimalis dan fashionable, membuatnya tampil kian sporty.

Unsur aerodinamis disini turut diperhatikan, seperti desain panel bodi tangki yang didesain dengan sudut landai. Tekanan angin optimal dikonversi untuk memaksimalkan traksi roda depan, bahkan hingga menurunkan ground clearence. Termasuk desain head lamp yang memiliki sudut landai, turut memiliki kontribusi memaksimalkan traksi roda depan. Selain itu, pada kompartemen ini turut dilengkapi day running light, berikut head lamp model halogen.

Overall desain KTM New Duke 250, mampu menyajikan kontur bodi sport yang proposional, kompak, stylish dan sporty. Belum lagi sajian tapak kaki Mitzeler profil 110/70-17 di depan dan150/60-17 di belakang, yang bersanding spatbor khas big bike Eropa.



KAKI-KAKI
Ciri khas big bike Eropa turut ditunjukkan dengan fitur kaki-kaki, depan up side down produk WP dengan inner tube 43 mm, serta memiliki travel 150 mm. Itu artinya, segmentasi on road, trek makadam hingga semi off road, KTM New Duke 250 cc tetap mumpuni. Terlebih lagi, ground Clearance KTM New Duke 250 cc terukur 185 mm.

Inputnya, sensasi menunggang sport dengan kestabilan lebih cenderung terasa. Hingga kompak mengimbangi cakram depan 300 mm dan caliper aktif Bybre 4 piston yang dikenal responsif. Oh ya, untuk ciet belakang diback up cakram 230 mm juga dikawal caliper aktif Bybre. Demikian suspensi belakang yang menganut monosok juga memakai produk WP adjustable, yang dilengkapi penyetelan tingkat kekerasan pegas spiralnya.

Tentu saja pada bagian ini yang kian memudahkan rider untuk beradaptasi dengan dominan bobot yang diusung, serta menyesuaikan dominan trek yang akan diterjang. Sipnya, monosok turut dipadu diecast swingarm tampil lebih stylish, memiliki bobot lebih ringan. Pengaruhnya ke handling, center of gravity terasa optimal di depan. Dengan perpaduan lebar swingarm yang proposional, maka tingkat kestabilan tetap optimal melayani kebutuhan rider keperluan manuver dan saat full throttle di straight.



RIDING STYLE
Klop dengan postur Asia, sebab tinggi Tempat Duduk terhitung cuman 830 mm. Memang sih kesan tingginya, lebih kena pengaruh desain sudut buritan yang lebih nungging. Tapi, ketika dinaiki lumayan familiar. Jarak jok dengan setang kemudi untuk melayani turning radius mentok ke kanan kiri terjangkau. Itu artinya, untuk menu riding di metropolis KTM New Duke 250 cc siap dijadikan partner. Sedang wheel base1357 mm berbanding kapasitas mesin 250 cc, cukup rasional sebagai penunjang kestabilan kemampuan performa mesin KTM New Duke 250 cc.

MESIN
Mengusung mesin tipe Light weight 4 Stroke Liquid Cooled 4 Valve DOHC Single Cylinder, berkapasitas 250 cc (248,8 cc), dengan suplai bahan bakar sistem Fuel injection yang diolah Electronic Control Unit. Cuman, antara tipikal mesin over square dari silinder 72 mm dan stroke 61,1 mm serta tekhnologi silinder cop DOHC, seharusnya liar di gasingan bawah.

Tapi, ada perbedaan saat otre mengujinya. Sebab, torsi cenderung nongol duluan hingga performanya bisa diajak jinak. Kali ini otre berimajinasi saat riding di metropolis. Output power di level ini, teknologi pelepas gas buang yang menganut model under belly, turut memiliki peranan mengolah turubulensi gas buang. Selain dari pengaruh spesifikasi durasi, over lap, lift camshaft dan durasi semburan injector. Bahkan pelepas gas buang yang sudah mengusung front pipe Akrapovic itu mampu menghasilkan gas buang standar Euro IV, efek dilengkapinya catalytic converter di dalamnya.

Penghantar konversi power ke speed, mengusung antihopping clutch atau yang biasa disebut slipper clutch. Saat menghadapi dinamisnya trek pegunungan tetap safety. Dan fitur 6 speed gigi transmisi, memiliki tipikal rata mengolah semburan power dari kapasitas mesin 250 cc. Dipacu menyentuh peak power, atau regular touring, respon gigi 1 sampai 6 tetap produktif dikonversi ke speed. Air Fuel Ratio seolah mudah didapat dari throttle body yang menganut inlet 38 mm itu.

INDIKATOR KOMPLIT
Kendati display indikator mini, tapi cukup informatif hingga menunjang bikers riding di destinasi yang sifatnya pelosok sekalipun. Terbagi speedometer, odometer, side stand indicator, oil temp, water temp, mall function, peak power shift lamp, fuel meter, clock, gear position, time trip, KM trip dan fuel consumption.