DETEKSI PROBLEM DOUBLE STRATER KELAR MENERJANG BANJIR

AWAS KETIKA menerjang banjir ya, seperti musim hujan yang lebat belakangan ini. Pasalnya, ada beberapa komponen yang terangkai dengan mesin, tapi belum tentu kedap terhadap genangan air saat melintasi jalanan banjir. Seperti halnya motor double starter milik sport 4 tak, kendati posisinya lebih tinggi bukan berarti aman dari hujan.


"Lebih baik, cari pedoman kendaraan besar yang lebih dulu melintasinya dan cari dataran jalan yang paling tinggi, " buka Very Ardiyanto mekanik AHASS Kebonsari, Surabaya. Tapi, bagi yang awam kemudian terlanjur menerjangnya dan kemudian double starter tak berfungsi, siap-siap mampir bengkel resmi untuk melakukan pengecekan semi over houl.



Pasalnya, di rumah motor double starter ada dua sil karet sebagai penjamin, agar air tak sampai masuk ke ruang mesin dan ruang motor double starter. Biasanya, kalau sampai double starter tak bisa aktif, bisa diindikasi kalau ruang motor double starter kemasukan air. Kalau sudah begitu, berpeluang terjadi hubungan singkat alias korsleting. Efeknya, kadang menyebabkan komponen daleman motor double starter ada yang terbakar.

Jadi, penting untuk melakukan peninjauan langsung, di bagian brush, brush holder, armature (comutator) dan sil rumah motor double starter. Lakukan pemeriksaan satu persatu, hingga ditemukan komponen yang mengalami penyimpangan. Termasuk sil rumah motor double starternya, pastikan diganti. "Setelah itu, lakukan pengujian motor double starternya, "saran Very. | jar