Jelang SDC Drag Bike Seri III & Kejurprov Drag Race seri III Surabaya 11 Agustus : Banyak Kejutan di Seri Tiga

Squad Surabaya Drag Community & media on line automotive

Ada yang berbeda di even garapan Surabaya Drag Community, sebab digelar sabtu tanggal 11/Agustus. Rentang weekend dan waktu istirahat lebih panjang, menjadi alasan dipilihnya hari sabtu. Sebab, even yang memanfaatkan trek pantai ria Kenjeran, Surabaya itu berlangsung dua kali hajatan.


Drag bike seri SDC seri ke 3 digelar pagi sampai sore, sedang kejurprov drag race seri ke 3 berlangsung sore sampai tengah malam, juga di tanggal 11 Agustus. Nah, dengan berlangsungnya di hari Sabtu, rider drag race otomatis masih ada space buat istirahat, sebelum beraktifitas di hari senin.

Masing-masing rider diharapkan bisa berkonsentrasi lebih, beradu mengakumulasi point tertinggi untuk memperebutkan Beat Fi. Mengingat momen di seri 3 cukup krusial, identik dengan seleksi perolehan point yang lebih ketat, bisa meninggalkan dan tertinggal. Ingat dan catata ya, ancaman tertinggalnya akumulasi point biasa berlangsung di seri 3.

Apa pasal ? di seri 3 kuda besi identik memasuki masa final seting lebih komprehensif. Dari sisi penjajagan peta kekuatan tim-tim drag bike dan drag race, saling membongkar. Demikian formasi rider, tuner sudah menemukan chemistry dengan rider yang berbeda, terkait spesialisasi rider, kendati system kontraknya putus nyambung, dengan alibi sebagai penjajagan untuk tahun depan.

Fenomena demikian mampu memacu rider belia tampil di permukaan, dengan total perolehan podium lebih banyak dibanding rider kawak. “Faktor regenerasi lebih jalan, apalagi rider belia belakangan ini lebih dominan berlaga di kelas terbuka, ”sorot Andy Kraksaan pemegang merk knalpot racing – daily use Andy Speed itu.

Dari pemikiran itu pula kelas herex (sport 4 tak FFA non DOHC & sport 4 tak 200 cc non DOHC) dan kelas bebek 4 tak FFA non DOHC, dibuka dengan pengkategorian rider new comer, yang murni lahir dan besar dari bengkel herex dan bebek 4 tak FFA non DOHC.

Kita ingin memberikan kesempatan bagi rider pendatang baru, sekaligus membangun trade mark workshop masing-masing tuner. Kalau selama ini catatan waktunya singkat lantaran diukir oleh rider pemula atau kawak itu sih biasa, nah kalau yang new comer tadi bisa juara kan luar biasa. “Jadi, kategori rider new comer untuk parameternya tak pernah juara dan baru berlaga di even resmi, ”urai Boy Mohawk Nugroho pentolan SDC. 

Sedang di kejurprov drag race, dibuka kelas spesial untuk mengakomodir mobil keluaran terbaru, sekaligus rider new comer. Yakni kelas city car stock 1 sd 1300 cc ECU Original Equipment Manufactured non piggy back. Rider kawak boleh berlaga, tapi ketika quota rider new comer mumpuni untuk dipisah, kemungkinan akan dipisah antara new comer dan kawak.

Lagi-lagi pertimbangan faktor psikologis, biarkan rider new comer berkreasi dan berkembang lebih dulu embrionya. “Toh, rider drag race Jatim sudah saatnya regenerasi, ”tegas Sofyan dari SDC yang menaungi kompetisi roda empat dan big bike.

Loh ada kelas big bike ? Yup spesial SDC drag bike dan drag race, dibagi dua kelas yaitu sport big bike 600 cc sd 900 cc dan 1000 cc sd 1400 cc. “Kemungkinan komunitas yang berlaga akan hadir dari Positive Pro Sport, Throttle Speed, Night Hawk, One Team dan Sultan Herex juga sudah siap berlaga, ”jelas Sofyan. | pid