HONDA X-ADV 2021 : Power Bertambah, Bobot Berkurang

HONDA X-ADV. Bobot dipangkas, namun tenaga naik.

Jangan bingung dengan varian satu ini ya, X-ADV bukanlah ADV yang sudah dipasarkan oleh Honda. Dari tampang memang mirip, tapi beda jeroan. X-ADV satu ini, disokong mesin 750cc. Nah, varian X-ADV versi 2021 sudah resmi dirilis yang mana sementara hanya dipasarkan di Eropa.



Dibandingkan versi 2020, ubahan X-ADV kali ini tidak hanya kosmetik, tapi makeover yang lebih signifikan, bobotnya juga lebih ringan hingga 3 kg dari model lawas. Memang, mesinnya masih berbasis generasi lama, yakni tipe parallel twin 745cc, tetapi mesin versi 2021 rupanya sudah ditingkatkan tenaganya hingga 4 hp, menjadi 57.8 hp di putaran 6,750 rpm darn torsinya 69 Nm di putaran 4,750 rpm. Pastinya, dengan rombakan intake dan exhaust, sudah lolos Euro5.

 

 

DAPUR PACU. Mesin twin-parallel 745cc.



Di sisi transmisi, rasio DCT di girboks 6 percepatan juga direvisi untuk meningkatkan akselerasi, terutama di gigi satu, dua dan tiga. Sedangkan rasio gigi tinggi diubah untuk mendapatkan efisiensi fuel di gigi rasio empat, lima dan enam. Yang pasti, tetap diolah lewat kontrol ride  by wire, yang mana pengendara bisa menggunakan lima riding mode, yakni Standard, Sport, Rain, Gravel dan User.

 

 

TAMPANG DEPAN. Ubahan lampu depan dan DRL.



Dari sisi luar, sekilas tiada beda dengan versi 2020, tetapi ada banyak ubahan yang dilakukan oleh Honda di sisi eksterior, seperti panel body baru yang lebih agresif, plus lampu LED baru berikut DRL. Desain jok juga beda, yang mana bisa diseting hingga 820mm. Windshield pun bisa disetel dalam lima posisi secara manual.

 

 

KOKPIT & DASHBOARD. Display 5 inchi yang komplit.



Di dalam kokpit, ada layar display TFT-LCD 5 inchi yang menyajikan cukup banyak info motor, yang ada modul koneksi yang bisa terhubung dengan smartphone atau headset. Koneksi ini juga bisa dihubungkan lewat Honda Smartphone Voice Control System, sehingga pengendara bisa melakukan panggilan telepon, email, navigasi, atau  musik lewat perintah suara.

 

 

BURITAN. Bisa dikombinasi dengan top box atau side box.



Di balik jubah X-ADV ini, terdapat rangka baru yang lebih ringan sekilo dari model lawas, yang mana juga mengakomodir bagasi atau storage 22 liter, yang cukup untuk menampung helm full-face dan bawaan lain. Sedangkan di balik setang, terdapat glovebox berkapasitas 1,2 liter, plus tambahan USB charging port, menggantikan soket 12 volt yang terdapat di versi lama.



Sementara, undercarriage masih ditopang spek up side down 41mm sebagai peredam jalanan, yang dikombinasi roda ring 17 dan 15 inchi dengan ban 120/70 di depan dam 160/60 di belakang. Keduanya, dibekap cakram 296mm dengan kaliper empat piston, dan disc brake 240mm dengan kaliper single piston.



naskah/foto : punk/honda