Corolla Cross, SUV Gress Toyota Meluncur Pekan Depan

2020 COROLLA CROSS. Tampang SUV dari nama sedan.

Seperti hotnews yang sudah beredar luas, Toyota Astra Motor sebagai agen pemegang merek Toyota di Indonesia bakal segera merilis varian SUV terbarunya, yakni Toyota Corolla Cross.



Sebelumnya, varian Corolla Cross sudah keluar lebih dulu di Thailand, yang Indonesia menyusul release secara resmi tanggal 6 Agustus mendatang. Rencananya, peluncuran Corolla Cross ini akan dilakukan secara virtual lewat saluran youtube Toyota Indonesia, sekitar jam 11 siang.

 

 

PERAWAKAN. Kekar dan tinggi.



Meski menggunakan nama Corolla, Corolla Cross justru tidak bertampang sedan seperti Corolla yang sudah beredar di Indonesia cukup lama. Corolla Cross justru berbentuk SUV hasil dari Toyota New Global Architecture (TNGA), meskipun basisnya tetap Corolla sedan.  Secara dimensional, ukuran Corolla Cross juga lebih kekar, dengan panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm, serta wheelbase 2.640 mm.

 

 

PELEK. Alloy yang sporty.



Dari unit yang sudah dirilis di Thailand, banyak fitur yang disematkan. Dari eksterior, sudah kelihatan ada lampu LED, DRL, foglamp dan tailight yang juga LED. Peleknya alloy keren, lalu ada sunroof juga. Sementara, di dalam kabin, ada jok elegan yang mana untuk jok pengemudi bisa disetel 8 posisi, ada keylesss dan terdapat airbag untuk 7 penumpang.

 

 

INTERIOR. Mewah dan eksklusif dengan 7 airbag.



Sementara, di dashboard juga terpampang cluster display multi instrumen, yang mana ada touchscreen 9 inchi, drive mode selector, dual-zone climate control,  T-connect telematic hingga pengontrol pintu belakang.


Untuk fitur safety, Corolla Cross juga super lengkap. Selain airbag 7 buah sebagai standar dan Toyota Safety Sense di varian tertinggi, ada fitur Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing Assist, Automatic High Beam, Blind Spot Monitor, an around-view monitor dan Rear Cross Traffic Alert. Komplit bingit.

 

 

DASHBOARD & INSTRUMEN. Panel lengkap dengan touchscreen.



Detail mesin dan varian yang akan dipasarkan di Toyota Astra Motor sendiri belum diumumkan. Yang jelas, untuk pasar Thailand ada empat varian, yakni 1.8 Sport, Hybrid Smart, Hybrid Premium and Hybrid Premium Safety.  Varian 1.8 Sport memakai mesin 2ZR-FBE 4 silinder 1800cc berdaya 140 PS (6000rpm) dan torsi 177 Nm (4000rpm). Sedangkan tiga varian lain memakai mesin 2ZR-FXE 1800cc dengan tenaga 98 PS dan 142 Nm (3600rpm), namun dikombinasi mesin hibrid dengan motor listrik 600v 72TK.

 

 

LAMPU-LAMPU. Menggunakan LED yang dinamis.




Soal harga, Corolla Cross ini dilego sekitar 989 ribu bath atau sekitar Rp 454 jutaan untuk varian standar, dan Rp 550 jutaan untuk varian tertinggi.






naskah/foto : punk/toyota