PT. MITSUBISHI MOTORS KRAMA YUDHA SALES INDONESIA : DUKUNG STUDI ENERGI TERBARUKAN KENDARAAN LISTRIK DI PULAU SUMBA.

PT. MITSUBISHI MOTORS KRAMA YUDHA SALES INDONESIA. Fasilitasi Unit Mitsubishi i-MiEV Untuk Pengembangan Teknologi Alternatif Panel Surya Di Kantor PLN Tambolaka, Sumba Barat.

Melanjutkan komitmen Mitsubishi Motors atas pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, tepat pada Kamis, 03 Oktober 2019 kemarin, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melakukan peresmian program Studi Bersama untuk pemanfaatan energi baru dan terbarukan pengisian daya mobil listrik di Pulau Sumba.

 

MITSUBISHI OUTLANDER PHEV. Di Tengah-Tengah Instalasi Panel Surya Sebagai Sumber Energi Pembangkit Tenaga Listrik. 

 

Acara yang berlangsung di kantor Perusahaan Listrik Negara (PT.PLN) Tambolaka, Sumba Barat Daya ini langsung diresmikan oleh perwakilan dari Mitsubishi Group (Mitsubishi Corporation, Mitsubishi Motors Corporation, dan PT MMKSI), Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, PT.PLN, dan Kyudenko.co.

 

Pengembangan teknologi energi terbarukan dan studi pengembangan EV di Sumba kali ini merupakan studi kolaboratif antara Laboratoriom Nasional Untuk Teknologi Konversi Energi – Badan Pengkajian dan penerapan Teknologi (B2TKE-BPPT), MMKSI, PT.PLN dan Kyudenko.con Corporation yang melaksanakan sebuah proyek pengembangkan energi panel surya sebagai energi baru terbarukan sebagai pengisi daya mobil listrik di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bilacengo. Kali ini untuk memfasilitasi pengisian daya kendaraan Mitsubishi i-MiEV sebagai kendaraan listrik yang diuji beserta perangkat dengan daya cepat bertipe Chademo yang dipasang di kantor PLN Tambolaka.

 

MITSUBISHI MOTORS. Dukung Penuh Studi Energi Baru Terbarukan & Kendaraan Listrik Di Sumba Barat.

 

Untuk itu, dikembangkan lah pembangkit listrik tenaga Surya Bilacenge dengan kapasitas 700 kWp yang dilengkapi teknologi Sistem Manajemen Energi (EMS) hasil kerjasama dengan pemerintah Jepang. Dalam menghubungkan pembangkit listrik Tenaga Surya Bilacenge dan Stasiun Pengisian Daya di Kantor PLN Tabolaka, dilaksanakan Metode EMS, dimana Mobil EV terhubung ke pengisi daya, pengisisian sinyal awal dapat dikirim ke EMS dari smart meter yang terpasang ke charger. EMS menangkap informasi smart meter dan kapasitas muatan keluaran dari fasilitas EMS. Dan ketika Pengisian selesai, Sinyal akhir diterima dari smart meter secara bersamaan, maka transmisi daya dari EMS akan berhenti.

 

NAOYA NAKAMURA, PRESDIR PT. MMKSI. Hadir Dalam Peresmian Program Studi Bersama Untuk Pemanfaatan Energi Baru & Terbarukan Pengisian Daya Mobil Listrik Di Sumba Barat. 

 

Sebagai wujud kontribusi kami untuk mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia, kami ingin lebih melanjutkan Studi Bersama dan kolaborasi dengan lebih banyak pihak di masa depan. Dan dimulai tahun ini, kami ingin mensosialisasikan manfaat EV kepada masyarakat untuk menjadi top of mind brand mobil listrik di Indonesia dan menjadi bagian dari pengembangan energi baru, jelas Naoya Nakamura selaku President Director PT.MMKSI.

Foto / Teks : Mas Don