TOYOTA ECO YOUTH : Bertema Ecosociopreneur, Apresiasi Buat Siswa Penggiat Social & Science

Sebagai salah satu bagian aktivitas CVR di bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, PT. Toyota  Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT. Toyota Astra Motor kembali menggelar kegiatan bertajuk Toyota Eco Youth (TEY). Kali ini, program mengambil tema Ecosociopreneur, yang pemenangnya sudah diumumkan pekan lalu.




Memasuki program yang ke-11 kalinya, Toyota Eco Youth (TEY) 2019 memang benar-benar diminati oleh institusi pendidikan menengah, terbukti dari banyaknya proposal yang masuk dengan peningkatan jumlah yang signifikan.  Tercatat,  4000 unit proposal, atau meningkat 150% ketimbang tahun lalu. Apalagi, program yang menyasar sekolah menengah atas ini juga ditambah, dari 500 sekolah tahun lalu menjadi 600 sekolah di seluruh Indonesia.


Dalam Toyota Eco Youth (TEY) 2019, dibedakan menjadi dua kategori proyek proposal, yakni science dan social. Sengaja dibedakan dalam dua kategori, agar menjadi pembeda dalam ilmu terapan yang akan dilakukan.

 

JUARA TOYOTA ECO YOUTH. Apresiasi untuk program ilmu terapan.

 

Untuk pemenang Toyota Eco Youth sendiri, diraih masing-masing oleh SMAN 5 Yogyakarta, SMK Texar Karawang dan SMAN 3 Merauke untuk kategori science, sedangkan untuk kategori social diraih masing-masing oleh SMAN 2 Semarapura Bali, SMAN 19 Bandung, dan SMAN 1 Ambon.



Dalam ajang penghargaan TEY Awarding ke-11 yang berlangsung pada tanggal 6 Agustus 2019 ini pun terdapat dua kategori dalam penilaian proyek proposal yakni kategori science dan social kedua kategori ini dibedakan supaya ada pembeda dalam ilmu terapan yang coba di aplikasikan.

 

JUARA PERTAMA KATEGORI SCIENCE. Diraih oleh SMAN 5 Yogyakarta.




"Kami berharap dengan program ini, Toyota Indonesia ikut berkontribusi nyata dalam usaha pengembangan teknologi terapan untuk perbaikan lingkungan hidup. Dan kami pun juga mengucapkan selamat kepada Siswa — Siswi SLTA yang telah menjadi pemenang kali ini. Kami sangat mengapresiasi semangat kepedulian lingkungan yang dituangkan para pelajar dalam berbagai program ini," tutur Edward Otto Kanter, Executive Vice President PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).


Pemenang Toyota Eco Youth ke-11:
Kategori Science
Juara 1: SMAN 5 Yogyakarta - Pemanfaatan Ekstrak Daun Pepaya dan Abu Kayu sebagai Pestisida Hama Ulat Kubis
Juara 2: SMK Texar Karawang - Alat Pengurai Kemacetan
Juara 3: SMAN 3 Merauke - Hydrovolot Recycle Limbah Domestik menjadi Energi Listrik 900 Watt dan sebagai Water Netralisir

Kategori Social
Juara 1: SMAN 2 Semarapura Bali - Film Pendek Komedi Pemilihan Sampah (Filadipisah) Strategi Jitu Menggugah Kesadaran Masyarakat untuk memilih Sampah Skala RUmah Tangga
Juara 2: SMAN 19 Bandung - Udunan Sampah
Juara 3: SMAN 1 Ambon - Penerapan Buadaya Kalesang Kintal dan Kewang Upaya Pembangunan Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah

 

 



naskah/foto : masdon