Saturday, Nov 22nd

Last update:06:53:43 AM GMT

You are here: OTOTEKNIK TIPS PENYEBAB AKI CEPAT TEKOR

iklan ototrend edisi

BEST KNALPOT

PENYEBAB AKI CEPAT TEKOR

User Rating: / 30
PoorBest 
PENYEBAB AKI CEPAT TEKOR

Aki tekor memang kerap kali bikin nggak nyaman untuk berkendara, panik dan konsentrasi berkendara selalu terpecah. Penyebabnya pun bermacam-macam. Benarkah terlalu sering memakai dobel starter, klakson dan sein bisa menjadi penyebabnya ?

 

Selama, switch normal pasti tidak ada masalah. Sebab, aktifitas pemakaian fitur tersebut, sifatnya cuman sementara.

Ada problem lain, yang jarang disadari oleh pemilik motor, tapi pengaruhnya fatal. “Yakni permasalahan, kesalahan dalam penggantian bohlam stop lamp,” terang Yono, chief mekanik Kawasaki PT. Surapitha Unitrans di kawasan Jemursari, Surabaya.

Contohnya seperti di motor Kawasaki Blitz, standarnya bohlam stop lamp memakai 18/5W-12V, artinya 18 watt buat keperluan lampu rem dan 5 watt saat difungsikan untuk lampu kota. Kesalahan yang terjadi, biasanya dilakukan penggantian bohlam dengan spek 18/6W-12V.

Maka, dalam pemakaian stand by, yang dikonsumsi buat lampu kota akan menguras arus listrik dari aki. Sehingga fitur kelistrikan yang lain ikut mengalami problem, seperti switch double starter susah dioperasikan dan klakson jadi brebet.

Dan hal ini bukan disebabkan oleh kyprox, sebagai pengatur isi ulang arus listrik dari magnet ke aki. “Sebab problem ini sering terjadi pada Blitz yang berumur 5 tahun. Maka, setiap penggantian bola lampu stop lamp, lebih baik ikuti spek bohlam bawaan pabrik. Dan hal ini juga berlaku buat bebek lainnya,” yakin Yono.  | pid