Friday, Nov 21st

Last update:06:53:43 AM GMT

You are here: OTOTEKNIK TIPS REKONDISI SOK BOCOR

iklan ototrend edisi

BEST KNALPOT

REKONDISI SOK BOCOR

User Rating: / 25
PoorBest 
REKONDISI SOK BOCOR

Keseringan mendapat beban berat yang diperparah dengan medan jalan ancur tentunya acap jadi biang kebocoran sok motor (gbr.1). Inti permasalahan biang kebocorannya banyak terjadi pada kerusakan sil dan juga baretnya as sok.

“Kerusakan sil sok parah tentunya akan memudahkan oli pelumas dalam tabung sok untuk keluar/bocor, jika oli pelumas dalam tabung sok sudah habis, maka bisa-bisa as sok akan jadi korban hingga akhirnya baret” papar Hasan, San’s Moto Freaks Karangploso Batu (gbr.2).

Nah bagaimana sih merekondisi sok bocor agar kita nggak perlu lagi membeli sok anyar yang tentunya berharga mahal? Gampang, Hasan siap kasih solusi praktisnya. Yang pasti kita harus membongkar total sok belakang motor kita. Lantas perhatikan kover atas dari tabung sok, apakah knock down alias bongkar-pasang atau permanen.

“Kalo knock down sih gampang banget membenahinya, cukup dengan membongkar tutupnya lalu mengganti sil soknya sesuai ukuran aslinya” tegas Hasan kasih bocoran jika cirri khas tutup sok knock down biasanya ditandai dengan dua lubang pembuka (gbr.3).

Sebaliknya jika permanen, maka kita harus mengakalinya dengan membuat lubang yang nantinya bisa kita manfaatkan sebagai lubang pengisi cairan oli pelumas sok. Caranya dengan melubangi dahulu tabung sok dengan mata bor ukuran baut 10, usahakan menempatkan posisi lubang di bawah tabung agar nantinya tidak terjadi kerusakan karet sil saat terjadi pengelasan (gbr.4). Lantas sediakan mur ukuran 10 tepat di atas lubang tersebut dan lanjutkan dengan mengelas mur tersebut.

“Jangan gunakan las asetelin karena panasnya akan merambat ke seluruh bagian tabung sok dan sangat mungkin akan terjadi kerusakan karet sil sok akibat meleleh terkena panas pengelasan, so pakai las listrik yang bisa dengan spontan menyambung mur dalam waktu singkat tanpa harus dilakukan pemanasan bidang las layaknya las asetelin” terang Hasan (gbr.5).

Nah tinggal tuang deh oli pelumas ke dalam tabung sok, lalu tutup lubang pengisian ini dengan baut yang sebaiknya diimbuhi ring sekat dari tembaga atau asbes. “Memang sok akan tetap bocor, namun kenyamanannya akan tetap terjaga karena proses rebound sok akan tetap berjalan dengan sempurna” tutup Hasan. | tito