Friday, Oct 31st

Last update:11:50:36 PM GMT

You are here: OTOTEKNIK GUIDES Yamaha TZM-150: MERAWAT RAJANYA ROAD RACE 90-AN

iklan ototrend edisi

BEST KNALPOT

Yamaha TZM-150: MERAWAT RAJANYA ROAD RACE 90-AN

User Rating: / 11
PoorBest 
Yamaha TZM-150: MERAWAT RAJANYA ROAD RACE 90-AN

Motor yang pertama keluar dibandrol kisaran Rp. 20 juta ini memiliki cerita seru, salah satu pemiliknya adalah Deny Khacif di kawasan Perum Wiguna, Surabaya. “Tahun 93 memang masa ramainya pertarungan motor jenis sport.

Saat itu, Yamaha RX-Z bersaing ketat dengan Honda NSR dan Suzuki RG-R dan jawaranya NSR di arena road race,” terang Deny yang mengikuti sejarah TZM.

“Tapi Itu ketika bermain di sirkuit Sentul dengan tipikal high speed, sebab NSR sudah dilengkapi dengan RC-Valve atau extra port untuk memaksimalkan power di gasingan atas,” timpal Bambang “Kancil” Sumadji from Audi Motosport di kawasan Balongsari Tama, Surabaya.

“Sedang pasar senggolnya dikuasai RX-Z dan RG-R,” lanjutnya. Menginjak akhir 94, persaingan sport makin panas. “Sebab, di tahun itu juga Yamaha meluncurkan varian anyarnya yakni TZM-150. Sontak, di tahun itu TZM jadi raja sport, trek pasar senggol maupun high speed TZM tetap jawara,” kata Kancil sapaannya yang kebetulan waktu itu mengorek pacuan Jingwan penunggang TZM pembalap era ‘94.

Sampai akhirnya kelas sport 150 cc tune up ditutup di tahun 96 akhir, lantaran politik pabrikan cukup kuat mengendalikan penyelenggara, ”sahut Daniel Tangka yang kala itu juga turun di Sentul bareng Dwi Cahyono, Didik Momo, Dian Kampret, Momo Harmono, George, Jingwan dan Asep Hendro memacu TZM.

Mesti demikian semenjak tahun ‘95, peminat TZM melesat. Sebab alternatif membeli motor real sport belum banyak pilihan, setelah NSR dan Ninja. Secara tampilan TZM memiliki fitur kaya dan mewah. Cakram depan belakang, rangka delta box, full fairing, tutup tangki model moge, pelek Enkei.

“Sedang sektor mesinnya dilengkapi radiator dan disokong Yamaha Power Valve System, sebuah teknologi pembantu lubang buang dengan mekanis electric yang prinsipnya hampir sama dengan RC-Valve yang dimiliki NSR,” urai Kancil. Lalu apa saja yang perlu dilakukan penggantian saat umurnya menginjak 16 tahun ?. Ikuti saja penuturan mereka !. | pid  

Kampas kopling
Setara dengan yang dipakai Yamaha YZ-125, ini salah satu yang menyebabkan tarikan TZM responsif. Sipnya lagi, jumlah kampas kopling yang dipakai 7 lapis. Dengan demikian terjadinya kampas selip jadi minim. Tapi dalam prakteknya, kampas kopling YZ-125 dikenal mahal.

So, trik untuk mengganti rumah kopling mesti dilakukan untuk menghemat perawatan. “Alternatifnya bisa memakai rumah kopling RX-Z atau RX-King, kemudian dikeling dengan gigi skunder orsi TZM. Dengan begitu, dalam penggantian kampas kopling bisa memakai RX-Z atau RX-King,” trik Daniel.

Balancer weight
Terobosan inovasi terbaru kala itu, Yamaha mengklaim makin besarnya kapasitas mesin 2 tak, getaran yang dihasilkan juga makin meningkat. Selain itu juga dibutuhkan torsi yang besar untuk melontarkan power mesin kala putaran tinggi, dimana nilai torsi cenderung menurun.

Dalam pemakaiannya, balancer weight acap mengalami penyimpangan sektor bearingnya dalam metode yang wajar. Sebab, bearing pada balancer weight sifatnya dihentak terus oleh drive gear yang satu poros dengan gigi primer, sebagai penggeraknya.

Selain itu posisinya yang lebih tinggi dari dasaran calter, membuatnya makin minim terlumasi oli mesin. “Kalau sampai timbul suara desis atau mbenging saat rpm 5000, periksa bagian bearing balancernya,” tunjuk Kancil.

Final gear
Menganut perbandingan 16-49 jenis rantai 428, permasalahannya kontur gir belakangnya lain dengan motor konvensional. Sebab lubang bagian tengahnya lebih besar, disini dimanfaatkan untuk menyesuaikan dengan space sisi dalam lengan ayun.

Maka dalam penggantian gir belakang dapat mengkanibal gir belakang RG-R atau RX-Z yang mendekati 49. Kemudian mal dengan dudukan lubang tengah gir belakang orsi TZM, termasuk lubang baut-baut nya. Modif pembuatan gir belakang ini, lebih baik order saja di bengkel bubut untuk memastikan balans yang dihasilkan nol.   

Double reed valve
Salah satu kekurangan mesin 2 tak, sebab mengalami ketergantungan dengan reed valve atau membran. Sebagai pengoperasi buka tutup kapan masuknya gas segar ke lubang bilas dan silinder, sesuai dengan azas kevakuman.

Penyimpangan spesifikasi yang terjadi acap menyebabkan daun membran tak presisi atau mullet, mengingat bahannya terbuat dari teflon olahan. Dampak negatifnya ketika daun membran tak presisi, saat deceleration gasingan mesin terkesan mbandang. Engine brake jadi minim didapat.

“Untuk menyiasatinya mesti diganti jenis kompetisi, macam V-Force III yang dimensinya memiliki persamaan. Juga menganut double reed valve,”saran Deny.

Piston
Tipikal mesinnya menganut over square, diameter piston 59 mm dan stroke 54 mm. Disini ukuran pistonnya tak ada istilah oversize dan ukuran piston TZM cuman menganut side A-B. Disebutkan batas toleransi standarnya 0,035. Mengapa clearance piston silinder nya cukup besar ? sebab silinder TZM mengaplikasi jenis electrofusio n, dimana permukaan silinder nya memiliki pori dalam skala micrometer.

Titik muai yang dihasilkan pun hampir sebanding antara piston dengan silinder nya. Tapi kasus piston aus juga tak bisa dihindari, kalaupun bisa dikanibal dari piston RX-King over size 100 (59 mm) dikhawatirkan profil logam piston RX-King beda dengan TZM.

Dari pertimbangan ini, idealnya liner silinder memakai sistem sok konvensional. Berlanjut dengan penambahan porting 7 lubang bilas dan 2 extra port dan 1 main port (exhaust). “Disini ketebalan liner juga memiliki limit. Sebab kalau terlalu tebal, profil liner baja akan sulit distabilkan suhunya oleh radiator, ”urai Kancil.

Karbu
Perbandingan kompresi rendah 6,0 : 1. Kental dengan aroma durability yang lebih diprioritaskan TZM, sekilas kalau ditinjau dari angka perbandingan kompresinya memang sih lelet. Tapi coba dirunut gigi rasionya, istimencos. Gigi 1(34-12), 2(29-16), 3(26-19), 4(24-21), 5(23-23), 6(21-24).

Jadi konsep mesinnya, paduan perbandingan kompresi yang rendah menghela gigi rasio ringan, ini nih yang mesti dijadikan panduan tuner drag dan tuenr road race. Gigi 4 dan 5 kental dengan speed, sedang gigi 6 cuman dijadikan penerus.

“Kalau ditinjau dari grafik perolehan tenaga di top speed maka faktor penentunya suplai gas segarnya yakni Mikuni VM30 SS. Umur 16 tahun juga tak mudah bagi TZM dan karbu layaknya mengalami penggantian. Lebih sip kalau digantikan dengan Mikuni skep oval juga ukuran 30 mm, ”detail Daniel yang pernah mengaplikasinya.   

Radiator
Untuk kisi-kisinya mesti digurah dengan kawat, untuk membersihkan kerak serta lendir. Lanjutkan membilasnya dengan air panas. Sebab, dibagian ini dipastikan kerak lebih banyak ngendon. Setelah memastikan jalur kisi radiator bagus, lanjutkan mengecek fungsional thermostat.

Sesuai dengan spesifikasi, katup thermostat TZM akan membuka ketika berada di 65 derajat, untuk kebutuhan sirkulasi air radiator. Sesuai dengan fisik dan mekanis thermostat, bagian ini biasa terjadi penyimpangan pada gasket mulai pecah-pecah. Sehingga menyebabkan kebocoran sirkulasi air.

Khusus gasket mesti dibuat sendiri, sebab jenis gasketnya memakai kulit dan tak ada dipasaran. Untuk bahannya, bisa samperin bengkel mobil. “Jenis gasketnya lembaran biasa dipakai sebagai gasket calter panci mesin mobil, ”terang Kancil.  

Harga bekas
TZM-150 94 : Rp. 6,5 juta; TZM-150 95: Rp. 7 juta; TZM-150 96: Rp. 8,5 juta;

Keterangan
Merombak rumah kopling: Rp. 750 ribu; Membran kompetisi double reed valve    : Rp. 1,2 juta; Bubut gir belakang: Rp. 250 ribu; Service radiator: Rp. 60 ribu; Karbu: Rp. 2,1 juta; Modif sok silinder – porting: Rp. 400 ribu; Sok depan variasi up side down: Rp. 2,7 juta; Kampas kopling RX-King: Rp. @27 ribu

 

Comments  

 
0 #2 iyan aprillio 2011-08-18 07:25
mo nanya seputar TZM.....lok mo beli dimana di daerah jateng ya cz gw dari pekalongan.......
and harga tiap kota sama g'
Quote
 
 
0 #1 DIDIN 2010-10-27 04:31
tenaga didi 5 scorpio ku hilang (ngedrop)
Quote
 

Add comment

BICARALAH! sebelum bicara itu dilarang.
TERIMAKASIH bila komentar-pertanyaan disampaikan secara BAIK dan TEPAT.


Security code
Refresh