Saturday, Nov 01st

Last update:10:20:56 PM GMT

You are here: OTOTEKNIK GUIDES Kawasaki ZX-130: MAINTENANCE MENGINJAK 5 TAHUN

iklan ototrend edisi

BEST KNALPOT

Kawasaki ZX-130: MAINTENANCE MENGINJAK 5 TAHUN

User Rating: / 5
PoorBest 
Kawasaki ZX-130: MAINTENANCE MENGINJAK 5 TAHUN

Banyak juga yang demen dengan ZX-130 cc. Fitur yang paling menjual yakni keberadaan tangkinya yang ada di depan dan merupakan evolusi terbaru dari perkembangan kendaraan roda dua di Indonesia. Hal demikian ini selalu menjadi jawaban dari insan automotive yang mendambakan perkembangan evolusi khususnya motor bebek.

Selain itu, ZX-130 menjawab kebutuhan konsumen akan kebutuhan kapasitas bagasi. Sebab, ZX-130 cc memiliki bagasi terbesar di kelasnya. Dengan ditunjang kapasitas mesin 130 cc, ZX pun melenggang pada segmen penyuka jalan jauh atau touring. Dan tentunya sedikit memakan porsi pasar motor sport.

Sebab ZX-130 diyakini setara dengan motor jenis sport, sehubungan dengan keperluan fungsi saat jalan jauh. So, bagi pemilik ZX-130 cc yang menginjak umur 5 tahun atau edisi pertama. Simak saja penuturan Arianto, mekanik Kawasaki PT. Surapita Unitrans di kawasan Jemursari, Surabaya.

Bodi sayap depan patah
Berpostur tinggi atau bagi tante yang pakai rok sepan, mesti hati-hati saat turun dari ZX-130. Sebab, sol sepatu acap nyantol pada sayap depan yang menyerupai dengan fender itu, khususnya bagi pengendara yang berpostur lebih 170 cm. Begitu dengan tante yang pakai rok sepan yang tak bisa leluasa membuka kaki.

Sebab, kontruksi sayap depan ini terangkai cuman dijamin klip. Dengan demikian, ketika tersenggol mudah copot sampai klipnya patah. Hal ini bisa saja dan mudah terjadi pada pemilik yang mulai sembarangan dalam pemakaian. Khususnya ketika menginjak usia 5 tahun.  

Cover head
Mestinya sudah umum hal ini terjadi, klip sambungan perapat cover head depan dan belakangnya putus. Problem ini biasa terjadi pada pemilik yang demen bongkar pasang cover head. Kalau tak hati-hati saat pembongkaran, klip bisa putus. Langkah pembongkaran yang benar, bagian atas lebih dulu yang dirapatkan pada sambungan klip nya.

Kemudian menyusul bagian bawahnya, dengan sedikit mengangkat cover head ke atas. Kemudian pasang baut nya.
Dan hal ini acap terjadi pada ZX yang mulai menginjak usia 4-5 tahun. Dimana bongkar pasang cover head acap dilakukan dalam keperluan pembenahan speedometer serta sein depan.

Vakum bensin
Ada ilmu baru dari budaya mekanik Kawasaki. Menurut Ariyanto, terminal vakum bensin yang mengatur keluar nya bensin dari tangki dengan azas kevakuman ini memiliki masa expired. Terutama bagian karetnya. Sebab, karet ketika kontak dengan bensin pada prinsipnya memiliki batasan. Demikian pula paa membran dalam terminal vakum ZX-130.

Di masa 5 tahun, rawan terjadi banjir. Akibat terminal vakum tak lagi akurat menahan bensin saat mesin mati. Dengan demikian lakukan penggantian, terminal vakum untuk mempertahankan kapasitas bensin dalam tangki tak cepat menguap.

Kunci kontak
Hal ini sering terjadi pada ZX-130 yang sering gonta-ganti pemakai. Sebab, kalau tak tahu karateristik pengoperasian kunci kontak, bisa menyebabkan patah di bagian tuas penghubung anak kunci dengan terminal kunci stang. Hal ini sering terjadi ketika akan mengkunci stang ZX-130 saat keperluan parker dan keamanan. Perlakuan saat mengkunci stang pada ZX-130 berbeda dengan motor lain, tak boleh tergesa-gesa.

Mesti mengetahui selah perputaran anak kunci. Dengan demikian untuk mengurangi resiko tuas penghubungnya patah, lakukan pemberian pelumas pada engsel rumah anak kunci dan terminal tuasnya.

Kampas kopling
Pada masa pemakaian aktif, perangkat yang perbijinya Rp. 35 ribu ini diwajibkan untuk diganti disetiap 36 ribu Km atau 3 tahun. Cara ini dilakukan tak hanya berdasar pada petunjuk pedoman service. Tapi penekanannya lebih ditujukan pada konsumsi BBM. Hal ini lebih disebabkan pada transfer tenaga mesin yang tak lagi responsive menghantar putaran gigi primer dan menyebabkan selip.

Dengan demikian bukaan handgrip pengendara makin bertambah untuk memacu kecepatan yang diinginkan. Dan ingat, penggantian kampas kopling tak hanya dilakukan berdasar pada permukaan pad yang makin berkurang. Tapi perhatikan juga nilai terbakarnya pad kopling, seiring dengan perlakuan gaya berkendara sang pemilik. “Disini jelas diharamkan terlalu seringnya pemakaian selip kopling saat di kemacetan, ”saran Ariyanto.

Pegas spindle rotary
Meskipun system transmisi ZX-130 tak menganut system rotary, tapi dalam mekanis transmisinya pesawat kopling ZX-130 juga dilengkapi dengan bintang rotary dan dilengkapi perangkat spindle sebagai penggerak drum shift dan fork untuk menggeser gigi transmisi.

Dalam kurun pemakaian 3, 4 sampai 5 tahun, sebagian telah mengalami putus perangkat pegas spindle rotary nya. Memang gawat, bekas patahan pegas nya selalu lenyap untuk saat ini. Kalau sudah putus, gigi persneling tak akan bisa dipindah. Sebab, roller tautan perangkat spindle pada rotary tak bisa menapak dan terkait dengan sempurna. Tak bermaksud menakuti, dari pengalaman ini maka sebaiknya dilakukan pencegahan sejak dini. Lewat penggantian pegas pada perangkat spindle tersebut.

Tapi sesuai dengan penyebabnya, kejadian pegas pada perangkat spindle putus lebih banyak disebabkan kesalahan pemakaian saat mengoper gigi. Hal ini terjadi biasanya ketika rpm belum turun, gigi persneling dipaksa dipindah. 

Pegas starter
Prediksi mekanis menyebutkan problem ini disebabkan oleh terlalu banyaknya kerak yang menumpuk pada ruang bakar. Sehingga menyebabkan kompresi jadi tinggi dengan sendirinya. Hal ini yang selanjutnya memicu terjadinya mekanis pedal starter jadi lebih berat. Dan kemudian disusul pemakaian pedal starter yang berlebihan pula, efek mesin gagal hidup lebih dari 3 kali langkah pedal starter.

Dengan begitu pegas starter juga berpengaruh mengikuti puntiran yang berlebihan. Seiring dengan emosi pengendara yang gagal menghidupkan mesin. Maka perawatan aki dan dobel starter yang bekesinambungan, akan menangkal terjadinya pegas starter putus.  

Gigi speedometer
Motor lama, pada gig pinionya menggunakan bahan kuningan dan gigi keronanya terbuat dari plastik. Sehingga dalam maintenance nya cukup melakukan penggantian gigi kerona. Tapi pada ZX-130 ini, penggerak speedometer nya terbuat dari gigi plastik keseluruhannya. Meskipun rutin dalam melakukan perawatan pemberian vet, tetap saja gigi plastiknya mudah aus.

Terutama pada umur 3-4 tahun. Dan dalam perawatannya, untuk pemakaian vet pilih dengan kadar rekat yang minim. Agar tak terlalu berat putarannya gigi keronanya.  

KETERANGAN HARGA BEKAS
Kawasaki ZX-130 ’06    : Rp. 6 juta
Kawasaki ZX-130 ’07    : Rp. 7,3 juta   
Kawasaki ZX-130 ’08    : Rp. 7,8 juta
Kawasaki ZX-130 ’06    : Rp. 8 juta

KETERANGAN
Kunci kontak               : Rp. 187 ribu
Bodi sayap depan        : Rp. 69 ribu x 2
Cover head                 : Rp. 69 ribu (depan)
Vakum bensin             : Rp. 100 ribu
Kampas kopling          : Rp. 35 ribu x 5
Pegas stopper             : Rp. 1500 x 2
Pegas starter              : Rp. 5000
Gigi speedometer        : Rp. 25 ribu
Velg balok set             : Rp. 1,6 juta
Bola lampu                 : Rp. 20 ribu  (1 biji)
Piston assy                 : Rp. 149 ribu
Kabel speedometer      : Rp. 14,5 ribu
Kabel choke                : Rp. 13 ribu
Kabel gas                   : Rp. 18,5 ribu
Kampas rem tromol     : Rp.  24 ribu
Kampas rem cakram    : Rp. 90 ribu

 

Comments  

 
0 #5 stairs balusters 2014-09-14 12:00
Bathroom remodeling in Rye is another service that you can avail.
Expect to spend at the least $10,000 when you choose brand new low-end cab[----Maaf, admin---]ry,
counters, appliances, flooring, paint, and a few minimal structural alterations.
Other technological advancements include the development of sensors that allow buildings to know
the strength of tremors and respond appropriately, including the activation of tremor or movement
damper systems that act like shock absorbers,
letting buildings withstand stronger tremors without collapsing.
Quote
 
 
-1 #4 Rosid 2013-05-21 04:30
Perlengkapan Kawasaki ada diKebon Jeruk VII,Gajah Mada,
Lengkap
Quote
 
 
0 #3 Tri wibowo 2013-03-09 08:05
dimana ya kalau beli cover stang depan belakang yang murah
Quote
 
 
0 #2 ajun45 2012-10-20 21:55
gan pesan head cover(muka,bela kang) kawasaki zx 130 d mana ya..?? dan berapa harga nya muka dan belakang...??
Quote
 
 
0 #1 dimas 2011-06-15 16:35
speedo zx di jual berapaan ya gan??
Quote
 

Add comment

BICARALAH! sebelum bicara itu dilarang.
TERIMAKASIH bila komentar-pertanyaan disampaikan secara BAIK dan TEPAT.


Security code
Refresh