Tuesday, Sep 23rd

Last update:06:22:24 PM GMT

You are here: OTOTEKNIK GUIDES LIBURAN SEKOLAH, CEK KONDISI MOTORMU, YUK !

iklan ototrend edisi

BEST KNALPOT

LIBURAN SEKOLAH, CEK KONDISI MOTORMU, YUK !

User Rating: / 7
PoorBest 

LIBURAN SEKOLAH, CEK KONDISI MOTORMU, YUK !Masa liburan sekolah memang selalu dinanti oleh semua pelajar. Khusus pelajar yang kreatif dan cinta ama motornya tentu momen ini ditunggu untuk melampiaskan utak-atik motor.  Sekaligus, untuk menyempurnakan tunggangan, agar tetap nyaman dalam pemakaian.


Aktifitas apa saja sih yang tepat untuk melakukan penyempurnaan tunggangan di masa liburan, terutama saat bergaya menjadi mekanik dadakan ?| pid

UTAK ATIK KARBU
Hasil poling aktifitas ini yang paling banyak dilakukan oleh pelajar, sehubungan dengan mulai maraknya jenis karbu KW replika karbu-karbu beken, macam karbu Ninja 150, NSR 150 dan RX-King.

Fenomena ini juga sekaligus sebagai wabah trend dandanan racing style yang paling simpel, praktis dan terjangkau saat mengaplikasinya. Terpenting, saat mengaplikasinya jangan langsung ditelan mentah-mentah.

Coba dimulai dengan mengecek kontur jarum skep, kalau sampai ‘kurus’ carikan kanibalan jarum skep dengan kontur yang lebih ‘gemuk’. Pada bagian ini yang paling sering diaplikasi adalah jarum skep Tiger untuk level karbu ukuran 28 mm dan jarum skep GL-Max untuk level karbu ukuran 26 mm.  

Selain kanibalan bergaya racing style, saat perawatan karbu orsi bawaan pabrik terpenting adalah speling skep dengan silindernya. Mengingat ukuran skep tak ada istilah over size, sebaiknya dipesan di bengkel bubut dan buatkan dari bahan steinless steel, saat permukaan skep mulai aus.

Sedang buat pengguna karbu jenis vakum, lakukan pengecekan pada profil karet membran. Sebab, kalau sudah keras, angkatan skep tak bisa sesuai dengan bukaan katup secondary.

Alhasil, tarikan motor jadi terasa berat. Problem lain, yang biasa hinggap di bagian ini biasanya mulai tipis akan sobek, pengaruhnya tarikan jadi berat. Dan sebaiknya ganti karet membran, hal ini berlaku untuk sport, bebek dan skutik.

MENYEMPURNAKAN PERFORMA KOPLING
Konteksnya perawatan tapi hasilnya banyak menjadi pengaruh saat berakselerasi. Terutama, buat motor yang memiliki tipikal over square, stroke lebih pendek dibanding diameter piston. Untuk membongkar bagian ini, tak perlu ketrampilan khusus, asal paham mur dan spesial tool untuk membukanya.

Macam, saat mengendorkan mur pengunci gigi primer dan skunder. Saat ini tak perlu pakai betel dan palu, sebab sudah ada kunci sok bergerigi yang memiliki kontur tepi bentuk mur pengunci gigi primer dan skunder. Sehingga pemakaiannya macam kunci sok dan tak perlu was-was lagi, efek terlalu besarnya tenaga saat memukul betel.

Kalau sudah terlepas, hafalkan susunan kampas kopling dan plat kopling, prinsipnya kampas kopling - plat kampas kopling. Periksa juga kekenyalan dan dimensi tinggi pegas kopling dan bandingkan dengan kondisi barunya. Kalau pegas kopling mulai lemah atau dimensinya terjadi perubahan lebih pendek, sebaiknya ganti baru.

Untuk kampas kopling jenis bebek dan sport, cukup ditinjau dari fisiknya. Kalau makin tipis dan padnya berubah warna lebih gelap, ganti kampas kopling baru. Pingin hasil yang maksimal, silahkan main kanibalan kampas kopling, berikut ini :

MENGKREATIFI KNALPOT
Musimnya safety riding, kalau mau tampil trendy pada bagian kolong ini tak usah pusing. Sebab, dengan suara silent, sektor ini bisa dijabani. Cukup aplikasi silencer Shogun 125 SP, Satria-F atau Supra-X-125.

Ketiga silencer ini dapat dikanibal buat semua bebek dan skutik. Agar mudah dalam pemasangan dan tak merusak knalpot orsinya, untuk leher knalpot cari dulu di bengkel spesialis pengrajin knalpot, yang biasa dipakai saat pembuatan knalpot free flow racing. Baru sambung dengan silencer yang diklaim memiliki desain lebih sporty itu.

Kalau versi sport, lagi marak ramai-ramai mengaplikasi knalpot New Tiger. Cuman cara pemasangannya, mesti disambung dengan leher knalpot orsinya. Sebab, leher knalpot variasi dimensinya terbatas, artinya tak tersedia untuk beberapa jenis motor sport. Kemudian atur posisi dudukan silencer, yang biasanya nyantol di poros lengan ayun.  

MENGECEK KUALITAS AKI
Menjadi pembangkit beberapa sumber kelistrikan, paling banyak yang menguras adalah double starter dan terpenting untuk mengoperasikan sein. Perawatan aki, bisa dimulai dari pengecekan konektor positif dan negatif aki. Kalau sampai terjadi pengapuran, bersihkan pakai cutter dan disiram air panas dan lanjutkan mengolesinya pakai vet, untuk mencegah munculnya kerak putih itu.

Baru setelah itu lanjutkan dengan pemeriksaan sel-sel aki. Kalau sampai sel mulai mengembang itu indikasi kalau air aki pernah kehabisan. Sebaiknya ganti aki baru, sebab kemampuan aki untuk menyimpan arus sudah nggak normal.

Sebaliknya, saat kondisi aki bagus dan kemampuan arus listriknya lemah, langsung saja lakukan penggantian kiprox, yakni pengubah arah arus dari AC menjadi DC agar arus listrik dapat disimpan di aki.

..:. .

PENGGUNA SPORT

Maksimalkan mekanis rantai camrat
Problem 3-4 tahunan ini yang paling sering terjadi pada sport, efek suara berisiknya hampir sama dengan setelan katup yang kendor, tapi lebih lembut tik…tik…tik nya. Secara performa mesin, kondisi demikian ini tenaga mesin lebih meningkat saat di top speed.

Tapi dampak negatifnya, dikhawatirkan camrat over slah atau rantai camrat loncat. Hal ini yang kemudian berpeluang menyebabkan terbenturnya katup dengan piston.

Kuras tangki
Kapasitas tangki rata-rata menganut 10 liter sampai 15 liter, belum tentu para pelajar yang memakainya selalu mengisinya penuh. Sisi lain, masalah tempat parkir, kadang kala masih ada sekolahan elit yang tempat parkir masih terbuka dan tak dilengkapi atap.

Maka, secara tak langsung hal ini yang turut memicu terjadinya korosi. Faktor lain, sil tutup tangki yang kurang rapat, juga sering kali menyebabkan air masuk ke tangki. Untuk itu saatnya menguras tangki, untuk membersihkan benda asing dari dalam tangki.

Dan semestinya hal ini dilakukan disetiap tahun sekali saat musim kemaru dan 7 bulan sekali, ketika memasuki musim penghujan. Sebagai pencegahan terjadinya tangki keropos. 

..:. .

PENGGUNA SKUTIK

Filter udara
Kalau sekarang yang pakai skutik sebanding dengan bebek dan sport, khususnya di kalangan pelajar. Aktifitas saat liburan sekolah dapat dimulai dengan bersih-bersih box filter, yang jangkauannya lebih mudah, sebab terhitung eksterior mesin. Sebab, kondisi filter yang kotor, debit udara jadi minim, sehingga campuran gas segar lebih gemuk dan memicu BBM boros.

Khusus buat pengguna skutik yang masih dilengkapi filter model elemen kertas, sobek 3-4 baris sirip elemen kertas nya. Agar konsumsi udara sebanding dengan debit gas segar yang disuplai.   

CVT
Penting sekali untuk meninjau kondisi daleman CVT akan keberadaan komponen yang ada di dalamnya. Cukup buka semua baut pengikat casing CVT, untuk membuka mesti diketok ke kanan kiri dulu pakai tangan. Dengan maksud, poros pedal starter tak lengket pada dudukan yang terangkai pada casing CVT.

Setelah terbongkar, bersihkan rongga-rongga ruang crank case dari serbuk karet dari V-Belt. Kondisi ini, manfaatkan juga untuk mengecek kondisi V-Belt. Kalau sampai pecah-pecah atau sudah aus, untuk penanganannya lanjutkan ke bengkel resmi atau bengkel rujukan spesial skutik yang telah dilengkapi spesial tool untuk membuka primary sheave dan secondary sheave.    

Nyeting mur setelan komstir
Frekwensi dari seringnya pemakaian rem depan, sering kali menyebabkan komstir jadi timbul speling. Jadi saat dipakai, setang kemudi kelewat ringan, sehingga membahayakan saat dipakai berkendara di trek lurus kondisi aspal bumpy. Untuk membenahinya, bongkar lebih dulu cover bodi dada depan serta dek bagian belakang.

Setelah kelihatan dua mur pengunci komstir, kendorkan lebih dulu mur bagian atas. Setelah itu, kencangkan mur bagian bawah sampai mentok hingga rapat. Susul dengan merapatkan mur bagian atas, tapi jangan terlalu keras. Dan balik kendorkan mur bagian bawah tadi sebanyak 5 mm - 8 mm, untuk mendapat bantingan setang kemudi yang tak terlalu ringan. | pid

Add comment

BICARALAH! sebelum bicara itu dilarang.
TERIMAKASIH bila komentar-pertanyaan disampaikan secara BAIK dan TEPAT.


Security code
Refresh