Monday, Nov 24th

Last update:11:54:00 AM GMT

You are here: OTOTEKNIK TIPS AKI BARU, ELECTRIC STARTER TETAP OGAH HIDUP?

iklan ototrend edisi

BEST KNALPOT

AKI BARU, ELECTRIC STARTER TETAP OGAH HIDUP?

User Rating: / 42
PoorBest 
AKI BARU, ELECTRIC STARTER TETAP OGAH HIDUP?

“Aki baru dan masih layak pakai, tapi fungsi double starter nggak bisa normal macam habis strumnya,” itu ungkapan seorang pasien pada Minul tuner Minul Skutik Concept di Kutisari Utara II/2, Surabaya saat motor bebeknya tak mau dihidupkan dengan double starter.

Setelah dilakukan pembongkaran, perangkat double starternya tak ada masalah, termasuk instalasi kabel double starternya.  Dicari-cari, penyebabnya adalah kerak putih yang biasa timbul di ujung terminal (+)/(-) aki. Dan hal ini yang selalu bikin susah pengendara saat menghidupkan mesin lewat double starter.

“Sebab arus listrik dari aki putus nyambung dengan kabel-kabel kelistrikan,” urai Minul. Tentu tentu tak nyaman bagi kaum hawa yang setiap hari berpergian menggunakan motor. Termasuk kaum adam yang naik sport bebek berkopling manual. Dimana cara menstarternya butuh tenaga lebih.

Selain itu sayang sol sepatu mesti jadi korban. Itu tuh efek buruk kerak putih yang biasa timbul di terminal aki. Ngomong-ngomong dari mana sih muncul nya kerak putih yang biasa hinggap di terminal aki ?

Dari seringnya terjadinya perubahan panas ke dingin pada profil terminal aki, efek terminal aki mengeringat. Kalau sampai kejadian seperti itu, buruan bersihkan total kerak putihnya.

“Setelah itu pasang ulang dan tambahkan vet, di sekeliling terminal aki untuk menghindari timbul nya keringat dan kerak pada terminal aki,” saran Minul. |  pid